Unduh Aplikasi

Akses Penghubung Kabupaten Longsor, Warga Desak Pemkab Turun Tangan

Akses Penghubung Kabupaten Longsor, Warga Desak Pemkab Turun Tangan
Kondisi jalan penghubung yang longsor. Foto: Edi Putra
ACEH SINGKIL - Akses jalan yang menghubungkan dua kabupaten, yakni Aceh Singkil dan Pak-Pak Bharat Sumatera Utara, di kawasan Kecamatan Suro nyaris terputus akibat longsor yang disebabkan hujan dua hari terakhir ini.

Akibatnya masyarakat Desa Keras Kecamatan Suro Kabupaten Aceh Singkil, dan Desa Bagindar Kecamatan Sibagindar Kabupaten Pak-Pak Bharat Sumatera Utara, kesulitan untuk mengangkut hasil pertanian dan buah kelapa sawit yang akan di jual di wilayah tersebut

"Jalannya sudah sangat beresiko, sehingga banyak masyarakat kami di kawasan perbatasan ini yang mengeluh," kata Darminton Kepala Kampong Keras di Suro, Kamis (25/8).

Darminton menyebut selain mengalami longsor, akses jalan sepanjang 5 kilo meter di kawasan tersebut kondisinya juga sudah rusak parah, sehingga sulit untuk bisa dilalui, terlebih disaat musim penghujan seperti saat ini.

"Dulu sudah pernah dilakukan pengerasan, saat ada program TMMD tahun 2012. Tapi sekarang sudah hancur lagi, sepeda motor saja susah lewat," katanya.

Datminton mengaku sudah menyampaikan kendala tersebut kepada pemerintah daerah setempat, namun sayangnya sampai sekarang tidak juga direalisasikan. Padahal warga sangat berharap jalan penghubung kabupaten yang menhadi nadi perekonomian warga itu segera diperbaiki.

"Ini akses vital bagi kami, pertumbuhan ekonomi masyarakat disini, kalau jalanya bagus warga kabupaten sebelah akan menjual hasil buminya ke kami, makanya kami minta perhatikanlah" Harapnya.

Cuaca di Aceh Singkil sendiri sejak dua hari ini masih terus dilanda hujan, sejumlah sungai terpantau mengalami peningkatan debit air yang signifikan, bahkan di kawasan Desa Silatong Kecamatan Simpang Kanan puluhan hektar sawah padi yang baru berusia seminggu terendam banjir.

Komentar

Loading...