Unduh Aplikasi

Akmal Ibrahim: Desa di Abdya Sudah Bisa Pakai APBDES untuk Bantuan Tunai

Akmal Ibrahim: Desa di Abdya Sudah Bisa Pakai APBDES untuk Bantuan Tunai
Bupati Abdya Akmal Ibrahim, saat memberikan kata sambutan acara lepas sambut Dandim Abdya, Foto: AJNN.Net/Fakhrul Razi Anwir

BANDA ACEH - Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim menyampaikan bahwa setiap gampong yang ada di daerahnya sudah bisa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) untuk bantuan langsung tunai (BLT) dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19.

"Hasil pengarahan Mendes (Menteri Desa) kemarin, desa sudah boleh menggunakan APBDES untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT)," kata Akmal Ibrahim melalui status facebook miliknya, Jumat (10/4).

Akmal mengatakan, bantuan tersebut nilainya sebesar Rp 600 ribu per bulan, dan hanya berlaku selama tiga bulan kedepan. Sasaran BLT ini hanya dikhususkan terhadap penduduk miskin, yaitu mereka yang tidak masuk dalam penerima program keluarga harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Artinya, yang sudah menerima PKH dan BPNT, tidak boleh masuk dalam penerima BLT," ujarnya.

Baca: Surat Plt Gubernur untuk Bupati Abdya: Dana Desa Boleh untuk PKTD Secara Swakelola

Kemudian, kata Akmal, setiap desa di Abdya sudah bisa mengajukan amprahan pencairan mulai hari ini, namun dengan persyaratan harus merubah APBDES nya, yaitu wajib mencantumkan anggaran BLT minimal 15 persen dari total dana yang dikelola desa masing-masing.

"Desa-desa yang mencantumkan anggaran BLT itu, akan diprioritaskan pencairannya, sedangkan yang tidak mencantumkan, tidak akan diproses," tuturnya.

Akmal menuturkan, mengenai Surat Edaran Bupati Abdya terkait dana desa tersebut akan dikirim dalam dua hari ini. Para Kepala Desa diharap segera melakukan pendataan secara serius dan valid, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Bila ada pelanggaran soal ini, akan dihukum dan dipecat. Kalau tak percaya, boleh dicoba," tegas Akmal.

Komentar

Loading...