Unduh Aplikasi

Akmal Abzal: Calon Kepala Daerah Jangan Jual Produk Pembodohan

Akmal Abzal: Calon Kepala Daerah Jangan Jual Produk Pembodohan
BANDA ACEH – Bekas Komisioner Komisioner Independen Pemilihan (KIP) Aceh Teungku Akmal Abzal menyebutkan pada pemilihan kepala daerah mendatang, masyarakat harus benar-benar selektif memilih pemimpin. Masyarakat harus melihat rekam jejak dan memilih calon yang memiliki program yang jelas.

Menurutnya, melihat rekam jejak calon pemimpin itu berkaitan dengan menilai moralitas si calon. Dimana masyarakat harus memilih calon dengan rekam jejak yang baik. Atau yang paling sedikit kejelekannya.

“Sebelum memilih, masyarakat perlu mengetahui track record calon mana yang bersih. Atau yang paling sedikit kotornya,” kata Teungku Akmal Abzal dalam kegiatan diskusi publik yang digelar Aceh Parliament Institute (API), Senin (29/8) di Banda Aceh.

Dalam diskusi bertajuk Tinjauan Kepemimpinan Mantan Narapidana Dalam Islam dan Sosiologi itu, Akmal Abzal juga menyebutkan, untuk memilih seorang pemimpin harus dilihat juga soal identitas dan integritasnya.

“Aktualisasi nilai-nilai yang agamis dalam pemimpin yang harus dimiliki ada tiga prinsip utama yaitu identitas, integritas, dan moralitas,” ujarnya.

Kemudian, tambah Akmal Abzal , calon kepala daerah jangan ada produk-produk pembodohan yang disampaikan. Dan tidak perlu berlebihan seperti merubah penampilan untuk menarik simpati masyarakat.

Selain Akmal Abzal, diskusi yang digelar sekitar pukul 14.30 WIB hingga petang itu, juga difasilitasi oleh Reza Idria dan Zainal Abidin. Masing-masing memberikan materi soal kepemimpinan dalam konteks penilaian orang Aceh dan partisipasi narapidana di pilkada 2017 dalam konteks ketentuan yuridis.

Diskusi yang dimoderatori oleh Direktur Aceh Judicial Monitoring Institute (AJMI) Agusta Mukhtar itu, dihadiri oleh mahasiswa dan pegiat organisasi masyarakat sipil hukum dan demokrasi.

Komentar

Loading...