Unduh Aplikasi

Akibat Banjir Aceh Barat, Sawah Amblas Kesungai

ACEH BARAT - Sepanjang 300 meter areal persawahan warga Desa Cange, Kecamatan Pantee Ceurmen, Aceh Barat amblas kesungai akibat banjir. (Baca : Aceh Barat Kembali Dilanda Banjir, Tiga Rumah Terseret Arus)

Geuchik Cange, Sarifudin, kepada AJNN, Sabtu (24/10) mengatakan, areal persawahan masyarakat yang amblas tersebut akibat terjadinya banjir yang merendam desa sejak Jumat kemarin, (23/10).

"Abrasi sudah mengikis tebing sungai dan menggerus daratan yang merupakan sawah warga, lebarnya capai dua puluh lima meter kedaratan dan panjang tiga ratus meter mengikuti Daerah Aliran Sungai," ujarnya.

Menurutnya, banjir yang melanda desanya dan beberapa desa sudah mulai nampak surut. Bahkan masyarakat yang mengungsi kerumah warga juga sudah pulang.

Hingga saat ini, debit air dari sungai meureubo yang melintasi daerah tersebut sangat deras dan abrasi semakin mengancam desa mereka. Bahkan, dikwatirkan banjir kembali melanda desa mereka.

Sementara itu Jajaran Polres Aceh Barat telah menyiapkan 30 personil untuk siaga bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Teguh Priyambodo Nugroho mengatakan, selain menyiapkan 30 personil yang siap membantu pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, pihaknya juga menyiapkan dua unit Rubber (perahu Karet) dan dua buah tenda pengungsian serta tiga unit Dalmas untuk kebutuhan evakuasi warga jika terjadi banjir.

Selain membantu evakuasi warga, kata Kapolres, personil juga akan membantu melakukan patroli ke rumah-rumah warga jika ada yang mengungsi saat banjir.

|DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...