Unduh Aplikasi

Akibat Abrasi Krueng Putu, Lahan Warga Amblas ke Sungai

Akibat Abrasi Krueng Putu, Lahan Warga Amblas ke Sungai
Kondisi jalan yang sudah mulai amblas ke sungai. Foto: Muksal Mina

PIDIE JAYA - Belasan hektare lahan warga yang berada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Krueng Putu, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, amblas ke sungai. Hal itu dikarenakan, abrasi yang terjadi di sepanjang DAS Krueng Putu semakin parah.

Mahlil, Kepala Desa (kades) Blang Glong, kecamatan setempat kepada AJNN, Minggu (27/11) mengatakan, abrasi Sungai Krueng Putu telah menelan beberapa hektare tanah warga.

"Di gampong kami saja lebih dari tiga hektar tanah warga yang amblas ke sugai gara-gara abrasi. Abrasi juga mulai mengancam jalan yang menuju ke Desa Ara," ujar pak kades.

Dikatakannya, tanah warga yang ada di sepanjang DAS itu dulunya mencapai delapan hingga 10 meter dari bibir jalan. Namun, sekarang tanah warga sudah amblas, serta bibir jalannya pun mulai terkikis.

Tidak hanya sampai disitu, tambah Mahlil, biasanya setiap akhir tahun rumah warga Gampong Blang Glong yang ada di jalan menuju Desa Ara, selalu terendam banjir akibat luapan air Sungai Krueng putu.

"Setiap akhir tahun, biasanya rumah warga disini selalu terendam banjir dari luapan air sungai ini," katanya.

Menurutnya, pembangunan bronjong yang sempurna di DAS Krueng Putu akan menyelamatkan pemukiman warga, terutama warga yang berdomisili di DAS sungai tersebut.

" Dulu memang sudah dibangun bronjong di sini, tetapi, mungkin karena pembangun yang tidak maksimal, makanya bronjong itu tidak bertahan lama," ungkapnya.

Apalagi selama ini, banyak mobil, terutama mobil truck pengangkut barang material untuk pembangunan jembatan di Desa Ara yang melewati jalan tersebut, hal itu menyebabkan jalan yang berada di DAS Krueng Putu itu semakin amblas ke sungai.

"Mobil dum truck angkut barang pembangunan jembatan di Desa Ara juga melewati jalan ini. Kami larang kan tidak mungkin, tidak kami larang jalannya semakin amblas, anda lihat sendirikan jalan ini," sebut Mahlil, sambil menunjukkan jalan yang amblas ke sungai.

Mahlil dan seluruh warga Blang Glong khususnya, dan masyarakat Bandar Baru umumnya sangat mengharapkan pembangungan bronjong di DAS Krueng Putu. Pasalnya, abrasi sungai tersebut sudah sangat mengancam warga.

Komentar

Loading...