Unduh Aplikasi

BREAKING NEWS

Akhirnya Polda Aceh Panggil 6 Anggota DPRA Terkait Dugaan Korupsi Beasiswa

Akhirnya Polda Aceh Panggil 6 Anggota DPRA Terkait Dugaan Korupsi Beasiswa
Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Kepolisian Daerah Aceh memanggil enam anggota DPRA aktif untuk diperiksa terkait kasus beasiswa pemerintah Aceh tahun anggaran 2017.

Pemanggilan anggota DPRA itu tertuang dalam surat Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh tanggal 29 April 2021 yang ditujukan kepada Ketua DPRA Aceh.

Dalam surat yang ditandatangani Dirreskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Margiyanta SH itu dijelaskan bahwa Subdit III/Tipidkor Ditreskrimsus sedang melakukan penyelidikan kasus terhadap kegiatan bantuan biaya pendidikan dengan anggaran sebesar Rp 22,3 miliar lebih, bersumber dari APBA tahun 2017.

Baca: BPKP Aceh: Dana Beasiswa Terindikasi Mengalir ke Anggota Dewan

Berdasarkan data yang diperoleh AJNN, Polda Aceh memanggil enam anggota DPRA aktif tersebut setelah mendapat persetujuan Menteri Dalam Negeri yang disampaikan melalui surat tanggal 20 April 2021. 

Melalui surat itu, Mendagri Tito Karnavian menyetujui tindakan penyidikan tehadap enam anggota DPRA meliputi, AA (PAN), AM (Gerindra), HY (PKPI), IUA (PA), YH (PA) dan ZF (PA).

Kasus beasiswa Pemerintah Aceh tahun anggaran 2017 telah masuk tahap penyidikan, 16 mantan anggota DPRA periode 2014 - 2019 telah di panggil untuk di mintai keterangan termasuk 483 mahasiswa penerima bantuan. Saat ini belum ada tersangkanya. 

Baca: BPKP Aceh: Kasus Beasiswa dalam Proses Perhitungan Kerugian Negara

Sebelumnya, BPKP Perwakilan Aceh menemukan kasus beasiswa salah satu dari sembilan kasus hasil audit investigasi adanya indikasi tindak pidana korupsi. 

BPKP Aceh  menemukan indikasi adanya penerimaan beasiswa tidak sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan dalam Pergub nomor 58 tahun 2017 serta adanya indikasi uang mengalir ke anggota dewan.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...