Unduh Aplikasi

Akhiri Konflik, Koperasi TKBM Calang akan Adakan Pemilihan Ulang Ketua

Akhiri Konflik, Koperasi TKBM Calang akan Adakan Pemilihan Ulang Ketua
Kapal MV. Spring Honor yang membawa Equipment milik PLTU Nagan Raya saat bersandar di Pelabuhan Calang. Foto: AJNN/Suar.

ACEH JAYA - Koordinator Pengawas Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Calang Lhuk Keubeu, Ishak Hasanuddin mengatakan jika kedua belah pihak sudah sepakat mengadakan pemilihan ulang ketua Koperasi TKBM pada bulan Juli 2021 mendatang.

Menurut Ishak, kesepakatan tersebut diambil karena dinilai kedua belah pihak yang terlibat konflik kepengurusan tidak bisa diselesaikan lagi selain melakukan pemilihan ulang.

Katanya, berdasarkan surat pemberitahuan kepada dinas koperasi dan syahbandar pada tanggal 10 Mei 2021, yaitu dari 20 anggota koperasi yang tertuang dalam akta notaris hanya 6 anggota koperasi yang tidak memilih dan sepakat dengan saudara Zamzami dan keputusan ini berlaku sampai terpilihnya ketua definitif.

Sehingga, untuk sementara ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Calang Lhuk Keube di Pj-kan kepada saudara Zamzami hingga adanya ketua Koperasi Definitif.

"Kami selaku koordinator pengawas koperasi menyayangkan perihal hal apa yang di sampaikan oleh T.Irwansyah tidak mendasar hingga membuat gaduh permasalahan internal malah lebih rumit," ujar Ishak kepada AJNN, Jum'at (11/6/2021) di Calang.

Namun demikian, karena niat kita ingin menyelesaikan masalah, maka dengan kesepakatan bersama dan kedua belah pihak sepakat mengadakan pemilihan ketua ulang pada bulan Juli 2021 mendatang.

"Jadi kalau kita perbesar ya akan semakin besar masalahnya, tapi kita inginkan masalah yang besar kita kecilkan dan masalah yang kecil kita hilangkan," tambah Ishak.

Sementara itu, Pj Ketua Koperasi TKBM, Zamzami menyatakan dengan tegas siap untuk mempertanggung jawabkan apa yang telah dilakukan pihaknya selama ini.

"Hari ini merupakan langkah untuk membenahi aturan sesuai dengan AD/ART Koperasi TKBM Pelabuhan Calang. Jika ada yang merasa di rugikan apa yang lakukan hari ini dan salah di mata hukum maka kami siap dengan segala konsekuensinya," ujarnya.

"Terkait kontrak bongkar muat kemarin memang saya yang tandatangan, dan saya siap mempertanggungjawabkan jika apapun resiko yang terjadi kedepan," ujar Zamzami menambahkan.

Zamzami juga berharap agar semua anggota koperasi bisa menahan diri. Pasalnya, saat ini sedang berlangsung pekerjaan bongkar muat dan lebih dari 50 tenaga kerja (TKBM) yang menggantungkan hidup mereka di pelabuhan Calang.

"Jadi kita selesaikan pekerjaan kita dulu, karena banyak nasib tenaga kerja yang menggantungkan hidup di pelabuhan Calang, urusan internal setelah itu akan kita selesaikan dengan cara pemilihan ulang ketua baru," pungkasnya.

HUT Pijay

Komentar

Loading...