Unduh Aplikasi

Akan Dilantik Besok, Pejabat yang Dimutasi Kemenag Aceh Belum Dapat Pemberitahuan

Akan Dilantik Besok, Pejabat yang Dimutasi Kemenag Aceh Belum Dapat Pemberitahuan
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Sejumlah pejabat yang dimutasi oleh Kepala Kemenag Aceh, Iqbal beberapa bulan yang lalu akan dilantik kembali ke posisi semula pada 15 Desember 2020 nanti.

Saat dihubungi AJNN, mantan Kepala Subbagian Perencanaan, Data dan Informasi Bagian Tata Usaha Kemenag Aceh, Isra Afariza mengatakan, informasi pelantikan terhadap sembilan pejabat yang harus dikembalikan pada posisi semula didapatkan saat menghadiri acara di Kota Depok beberapa waktu yang lalu.

"Pelantikan akan dilaksanakan 15 Desember 2020 nanti, kabar itu disampaikan oleh narasumber pada acara di Depok, cuman nanti jadwalnya tetap dikembalikan kepada Sekjend Menag," kata Isra Afariza, kepada AJNN, Senin (14/12).

Namun, kata Isra Afariza, terkait pelantikan sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan apapun dari Kantor Kemenag Aceh.

"Cuma dari Kemenag Aceh sama sekali tidak mendapatkan informasi apapun, bahkan secara tekniknya bagaimana juga belum ada," tuturnya.

Sebelumnya, pejabat yang dimutasi Kemenag Aceh, Idris Suteja mengaku sampai saat ini belum dikembalikan ke posisi semula yaitu Kepala Kepegawaian dan Hukum Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh.

Saat dihubungi AJNN, Idris Suteja mengungkapkan, bahwa dia masih menjabat sebagai Kasi Pondok Pesantren Kemenag Kabupaten Aceh Selatan.

"Sampai saat ini belum dikembalikan, ya kita tunggu saja karena saat dimutasi ada SK dan pelantikan," kata Idris Suteja, saat dihubungi dari Banda Aceh, Jumat (11/12).

Menurut Idris Suteja, sesuai surat dari Kementerian Agama seharusnya Kemenag Aceh menindak lanjuti perintah surat tersebut. Namun, kata Idris Suteja, ia menilai Kemenag Aceh masih mempertahankan egonya untuk tidak mengembalikan pejabat yang dimutasi untuk dikembalikan kepada posisi semula.

"Seharusnya tidak perlu menunggu petunjuk selanjutnya, karena itu bukan aturan pemerintah atau undang-undang tapi itu perintah yang sangat jelas, kenapa dia berdalih seperti itu ya mungkin dia mempertahankan egonya, karena ketika dia mengembalikan berarti dia mengakui kesalahannya," tutur Suteja.

Seperti diketahui, Menteri Agama (Menag), Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi memerintahkan agar kantor wilayah (kanwil) Kemenag di seluruh Indonesia termasuk Aceh untuk membatalkan seluruh mutasi pejabat yang dilakukan setelah 30 Juni 2020 pada semua satuan kerja di bawah kementerian tersebut. 

Baca: Sudah Sepekan, Kemenag Aceh Belum Kembalikan Pejabat yang Dimutasi

Dalam surat Nomor B-497/MA/OT.00/12/2020 tanggal 2 Desember 2020 yang dikeluarkan Fachrul Razi itu untuk menindaklanjuti dan implementasi dari surat persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor B/708M.SM.02.00/2020. Dimana dalam surat itu, memerintahkan semua mutasi dinyatakan batal dan meminta para pejabat dikembalikan ke posisi awal, termasuk mutasi yang dilakukan Kemenag Aceh.

Berikut Nama-nama yang dimutasi Kemenag Aceh untuk ditempatkan kembali pada posisi semula :

Thaflida, SE. Ak sebagai Kepala Subbagian Keuangan dan BMN Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda

Idris Suteja, S.E., MM, sebagai Kepala Kepegawaian dan Hukum Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh

Isra Afariza ST sebagai Kepala Subbagian Perencanaan, Data dan Informasi Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh

Drs. H. Cut Ali Manyak, MM sebagai Kepala Seksi Bina Lembaga dan Sarana Prasarana Kantor Urusan Agama, Serta Sistem Informasi Urusan Agama Islam Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh

Fadli, S.Ag sebagai Kepala Seksi Sistem Informasi Pendidikan Agama Islam Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh

Drs. H Rusdy sebagai Kepala Seksi Sistem Informasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh

Muhammad Chairul Saleh, S.Ag sebagai Kepala Seksi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh

T. Ahmad, S.Ag sebagai Kepala Seksi Penyuluhan Agama Islam dan Sistem Informasi Bidang Penerangan Agama Ismlam, dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh

Juhaimi, S.Ag sebagai Kepala Seksi Administrasi Dana Haji dan Sistem Informasi Haji dan Umrah Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh

Komentar

Loading...