Unduh Aplikasi

Akal-akalan Lelang Jabatan

Akal-akalan Lelang Jabatan
Ilustrasi: kidiscience

KEINGINAN Wali Kota Banda Aceh untuk mendapatkan pejabat berkompeten hendaknya tidak sekadar pemanis bibir. Lelang jabatan eselon dua yang dibuka untuk delapan formasi itu hendaknya benar-benar ditujukan untuk mencari pejabat-pejabat cakap, sesuai kebutuhan organisasi.

Delapan jabatan itu adalah Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan.

Membaca seluruh formasi itu, kebutuhan akan orang-orang berkompeten benar-benar tak terelakkan. Di Sekretariat DPRK, misalnya, wali kota memerlukan sosok andal yang mampu menjembatani kebutuhan organisasi DPRK Banda Aceh dengan program Pemerintah Kota Banda Aceh.

Jabatan penting lainnya adalah kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Dari lelang jabatan ini, hendaknya muncul sosok yang mampu menyelaraskan visi dan misi wali kota dengan program-program yang tepat dan terukur.

Pejabat yang mengisi jabatan kepala di Bappeda ini harus pula mampu menjamin organisasi yang dipimpinnya tidak sekadar meng-copy paste kegiatan pemerintah dari tahun-tahun sebelumnya. Terutama dalam program-program pembangunan infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia dan ekonomi, terutama di gampong-gampong.

Seleksi jabatan, dalam kurun waktu satu dekade terakhir, sering kali dilakukan. Namun sayang, hasil dari seleksi ini tidak benar-benar maksimal. Yang sering kali terjadi, seleksi jabatan dijadikan alat untuk melegitimasi kandidat-kandidat yang dipersiapkan dan didukung kekuatan politik tertentu setelah seleksi mengerucut pada tiga kandidat terbaik.

Wali kota tak perlu ragu untuk mematok standar tinggi dalam seleksi ini. Andaipun dalam seleksi kali ini tak ada pejabat yang layak menduduki jabatan yang dilamar, wali kota tak perlu ragu untuk membuat tes lain hingga mendapatkan kandidat yang dibutuhkan.

Jika perlu, lelang jabatan ini diumumkan secara luas ke seantero Indonesia. Kandidatnya pun tak dibatasi oleh syarat-syarat kedaerahan. Sehingga peluang untuk mendapatkan kandidat terbaik menjadi lebih besar. Dan lelang jabatan di Pemerintah Kota Banda Aceh bukan akal-akalan yang menghabiskan banyak biaya.

Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...