Unduh Aplikasi

Air PDAM Tirta Monmata Aceh Jaya Kotor

Air PDAM Tirta Monmata Aceh Jaya Kotor
Kondisi air bersih BLUD SPAM Tirta Monmata Aceh Jaya. Foto: Ist

ACEH JAYA - Air bersih yang di distribusi oleh BLUD SPAM Tirta Monmata Aceh Jaya, berkeruh dan kotor hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Akibatnya para pelanggan mengeluh karena tidak bisa mengkonsumsi air tersebut.

Salah satu pelanggan, Mawardi, yang beralamat di Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Selasa (26/3) mengatakan air sudah mulai berubah warna dan berkeruh, sejak, Senin (25/4) kemarin. Sehingga ia kesulitan memperoleh air bersih seperti kebutuhan untuk mandi, cuci dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

"Masih kotor, hingga pagi tadi masih kotor," kata Adi.

Ia mengaku sangat kesulitan jika air masih saja kotor dan berkeruh. Apalagi masyarakat yang tidak ada sumur akan mengalami kesulitan hingga harus numpang mandi ke rumah tetangga.

"Mau kita pakai untuk mandi tapi ragu dan jijik, dan terpaksa harus numpang ke rumah tetangga untuk ambil air bersih," jelas Adi.

Ia juga berharap air PDAM bisa cepat bersih seperti semula karena mengingat kebutuhan pribadi dan rumah tangga tidak bisa ditunda.

"Saya berharap PDAM harus segera mencari jalan keluar atas kondisi ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BLUD SPAM Tirta Monmata yang dihubunhgi AJNN, membenarkan jika air yang didistribusikan mengalami kotor dan keruh. Kejadian itu disebabkan adanya pengerjaan pembersihan tempat penampungan air yang ada di Desa Rantoe Panyang, sejak kemarin sore.

"Rencana awal dua hari kami lakukan pembersihan, namun karena masyarakat butuh air, jadi kami tunda dulu untuk sementara," kata Samsul.

Ia juga mengungkapnya penyebab air jadi kotor karena sisa pembersihan yang tersimpan disaluran pipa PDAM. Namun ia memastikan saat ini air PDMA sudah kembali bersih seperti biasa.

"Tadi pagi memang masih kotor, tapi siang ini sudah mulai bersih kembali, saya juga sudah cek ke rumah warga tadi," ujarnya.

Samsul juga meminta maaf atas ketidaknyamanan dalam pendistribusian air bersih untuk para pelanggan PDAM Tirtamonta Se-Kecamatan Krueng Sabee dan Calang.

"Kami memohon maaf atas kejadian ini, untuk sementara pembersihan kami tunda dulu," katanya.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...