Unduh Aplikasi

Ahok pecat dua pejabat, dianggap bermasalah

Ahok pecat dua pejabat, dianggap bermasalah
Ahok
JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akhirnya mencopot jabatan dua pejabat DKI yang selama ini dia anggap bermasalah. Dua pejabat itu adalah Manggas Rudy Siahaan dan Endang Widjajanti.

Selama menjadi Kepala Dinas PU DKI, Manggas kerap dimarahi Ahok. Dia kerap naik pitam karena menilai kinerja Manggas lamban dalam mengatasi banjir dan jalan berlubang di Jakarta.

Manggas menjadi Kepala Dinas PU pada 13 Februari 2013. Sejak dilantik, Manggas kerap mengungkapkan berbagai janjinya untuk dapat meminimalkan semua permasalahan infrastruktur Ibu Kota. Bahkan, Manggas pernah memiliki target "Jakarta zero hole" pada tahun 2013.

Nyatanya, banyak jalan raya di Jakarta yang masih berlubang dan rusak. Hal ini diperparah dengan banyaknya korban jiwa akibat jalan rusak tersebut.

Sementara itu, Endang Widjajanti dilantik oleh Joko Widodo menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI pada 1 Desember 2012 lalu. Selama ini, Ahok kerap kesal atas lambannya kinerja BPKD.

Ahok juga kesal karena seringnya kejadian keterlambatan pembayaran gaji para pekerja harian lepas (PHL) Dinas Kebersihan DKI, Dinas Pekerjaan Umum DKI, dan lainnya.

Rendahnya serapan anggaran DKI periode 2013-2014 ditengarai karena kinerja BPKD. Terakhir, Basuki naik pitam atas sikap Endang yang menyulitkan perusahaan swasta memberi sumbangan bus.

Tiga perusahaan swasta, PT Roda Mas, PT Telkomsel Indonesia, dan PT Ti-Phone kesulitan menyumbangkan 30 bus sedang kepada DKI dengan alasan birokrasi.

Ahok pun tak jarang menyampaikan keinginannya untuk memecat Endang dan Manggas. Hanya, statusnya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta membuat Basuki tidak bisa merombak birokrasi.

Setelah Ahok menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, dia memecat kedua kepala dinas tersebut.

Heru Budi Hartono yang sebelumnya menjadi Wali Kota Jakarta Utara dilantik oleh Basuki menjadi Kepala BPKD DKI.

Sementara itu, Agus Priyono yang sebelumnya menjadi Wakil Kepala Dinas PU DKI Jakarta dilantik oleh Ahok menjadi Kepala Dinas PU DKI. Hingga pukul 11.15, acara pelantikan di lingkungan Pemprov DKI masih berlangsung.

 

KOMPAS

Komentar

Loading...