Unduh Aplikasi

Ahok mulai kebingungan ditinggal Jokowi

JAKARTA - Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, mengakui mulai merasa kebingungan sejak ditinggal Joko Widodo atau Jokowi. Ahok merasakan ada perbedaan sejak Jokowi meninggalkan jabatan gubernur dan menjadi presiden terpilih.

Ahok mengatakan perbedaan sikap dan pembawaan itu diungkapkan istrinya, Veronica Tan, dan beberapa orang di sekitar Basuki. ”Istri saya tanya, kenapa saya kelihatannya berbeda,” ujar Basuki saat memberikan arahan kepada satuan perangkat kerja daerah di Balai Kota, Jumat, 24 Oktober 2014.

Basuki resmi menjabat sebagai pelaksana tugas gubernur sejak Kamis, 16 Oktober 2014. Penunjukan itu tercantum dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 98 Tahun 2014 tentang Persetujuan Pengunduran Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Pengangkatan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Basuki mengatakan, ada empat orang deputi gubernur yang bisa memberinya masukan tentang permasalahan Ibu Kota. Tapi, ia tak bisa lagi berdiskusi dengan Jokowi tentang masalah-masalah strategis. Hal yang paling dirasakannya, kata Ahok, tak ada lagi orang yang secara langsung dan pasti mendukung kebijakan yang ia terapkan di Jakarta.

Ahok mengatakan, saat menjabat wakil gubernur, Jokowi selalu mendukung semua kebijakan yang dikeluarkannya meski kebijakan tersebut ditentang berbagai pihak. Jokowi akan menjawab, ”Tanya Pak Ahok. Kalau Pak Ahok setuju, saya juga setuju.” Tapi, sekarang, Ahok mengatakan tak ada lagi beking yang ia terima selama dua tahun belakangan. ”Kalau dulu saya bisa bilang, ’menurut Pak Gubernur’, sekarang ini saya enggak bisa mengelak lagi. Susah juga ngomongnya sekarang,” ujar dia. Kontan, ucapan Ahok ini disambut tawa hadirin.

|TEMPO

Komentar

Loading...