Unduh Aplikasi

Agar Belajar Daring Lancar, Penyedia Layanan Diminta Perluas Jangkauan Internet hingga ke Pelosok

Agar Belajar Daring Lancar, Penyedia Layanan Diminta Perluas Jangkauan Internet hingga ke Pelosok
Kepala STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah

ACEH BARAT - Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah meminta provider penyedia layanan telepon dan data internet agar memperluar jangkauan hingga ke wilayah pelosok.

Menurutnya, selama ini banyak pelajar dan mahasiswa di wilayah pelosok kesulitan mengikuti pelajaran daring yang telah dijadwalkan oleh Kampus.

"Saya rasa pers dapat berperan dalam memberitakan terkait dengan penyediaan layanan internet hingga masuk wilayah pelosok, sehingga belajar daring bisa berjalan dengan lancar selama pandemi Covid-19 ini," kata Inayatillah, kepada wartawan dalam kegiatan temu ramah antara STAIN TDM dengan wartawan di hari ulang tahun STAIN TDM ke 6, yang berlangsung di salah Satu Caffe wilayah Kota Meulaboh pada, Jumat, (25/9).

Ia menjelaskan, selama ini STAIN TDM Meulaboh masih melakukan pembelajaran daring lewat platfon media sosial WhatsApp. 

Namun, kata dia, pembelajaran tersebut masih belum ada pembelajaran dua arah yang mampu memberikan sistem pembelajaran dua arah.

Akibatnya, kata dia, transfer pengetahuan yang dilakukan tidak sesuai seperti yang diharapkan. Melihat kondisi itu, kata Inayatillah, hingga kampus tersebut untuk tahun pembelajaran baru ini akan dilakukan sistem pembelajaran e-learning.

"Kita akan melakukan sistem pembelajaran e-learning. Jadi di sini nantinya akan ada sistem pembelajaran tatap muka secara virtual. Tentunya disini membutuhkan jaringan internet yang kualitas baik, jadi cobalah rekan-rekan pers bisa mendorong provider hadir hingga ke pelosok dengan signal internet yang kuat," ungkapnya.

Ia menjelaskan dalam pembelajaran e-learning yang membutuhkan paket data yang besar pihaknya juga akan bekerjasama dengan salah satu provider untuk penyediaan paket data murah.

Langkah pembelajaran e-learning terpaksa diambil, kata dia, sebab tidak adanya kejelasan terhadap berakhirnya pandemi Covid-19 itu.

Komentar

Loading...