Unduh Aplikasi

Adu Cerdas Adu Tangkas

Adu Cerdas Adu Tangkas
Ilustrasi: burnaby.

PENCURIAN kabel optik travo milik PT PLN di Gampong Drien Tujoh, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya, harus dapat segera diungkap. Kepolisian diharapkan bekerja serius untuk menangkap para pencuri dijarah maling. 

Langkah ini penting mengingat dampak akibat pencurian ini tidak hanya dirasakan oleh PLN. Kerugian akibat pencurian ini juga dialami oleh pelanggan listrik. Di Pidie Jaya, tahun ini terjadi dua kali pencurian sejenis. 

Pelakunya jelas orang profesional. Karena barang seperti ini tidak sembarangan orang yang berani menampung. Kejadian berulang ini menunjukkan bahwa para pencuri memang lihai dan memiliki “bakat khusus” untuk barang khusus pula. 

Para pelaku juga tak memerlukan perlengkapan banyak untuk mencuri kabel optik tersebut. Cukup sebuah gergaji besi dan gunting besi. Dengan sebuah kendaraan roda empat, para pencuri dapat menggondol hasil curian mereka hanya dalam waktu satu jam. 

PLN sebagai pemilik barang juga perlu meningkatkan keamanan di gardu-gardu mereka. Setidaknya dengan meningkatkan penerangan dan teknologi untuk mendeteksi atau alat perekam. 

Kepolisian dapat menelusuri pencurian ini dengan mencari penampung barang bekas di kawasan itu atau di kawasan sekitar. Mereka yang beraksi, tentu memahami situasi di daerah itu. 

Tentu saja ini semua terpulang kepada pihak kepolisian. Jaringan pencurian listrik ini harus segera diungkap. Jangan sampai karena urusan kecil ini, aliran listrik terputus dan banyak orang yang dirugikan. Jangan sampai kalah cerdas dari para maling kabel.

Komentar

Loading...