Unduh Aplikasi

Ada TKI Baru Pulang dari Malaysia, Gampong Tanjong Aceh Utara Disemprot Desinfektan

Ada TKI Baru Pulang dari Malaysia, Gampong Tanjong Aceh Utara Disemprot Desinfektan
Penyemprotan Desinfektan di Gampong Tanjong. Foto: AJNN/Sarina

ACEH UTARA – Tim Gugus di Gampong Tanjong, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, melakukan penyemprotan cairan desinfektan di tiga dusun yang ada di desa tersebut, Senin (20/4).

Penyemprotan Desinfektan di desa seluas 56 hektare dan dihuni oleh 553 jiwa serta 127 Kepala Keluarga itu untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), apalagi ada satu warga setempat yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) baru pulang dari Malaysia.

“Jadi ada satu warga kita sebelumnya bekerja sebagai TKI di Malaysia baru pulang sekitar empat hari yang lalu,” kata Ketua Tuha Peut Gampong Tanjong, Abdul Munir, didampingi Keuchik setempat Bukhari Ibrahim.

Sambungnya, setelah pulang dari Malaysia, AM langsung melaporkan diri ke tim Gugus Covid-19 di gampong itu, kemudian, petugas memberikan arahan meminta agar segera mengisolasi diri di rumah selama 14 hari.

“Alhamdulillah, TKI berjenis laki-laki itu mengikuti intruksi dan hingga hari ini masih ikut aturan untuk isolasi diri di rumah,” ujarnya.

Dikatakan Abdul, penyemprotan desinfektan ini agar keresahan masyarakat desa tersebut hilang, berbagai upaya akan terus dilakukan agar kecemasan dari masyarakat itu hilang.

“Secara rujukan peraturan Pemerintah setiap desa membolehkan menganggarkan dana desa untuk pencegahan Covid-19 maksimal Rp 30 juta. Karena dana desa belum keluar, kami berinisiasi untuk melakukan trobosan dalam wujud sosial, swadaya, atau kas bon terhadap kebutuhan pencegahan penyakit mematikan itu,” ujarnya.

Sementara untuk Alat Pelindung Diri (APD) dan masker, pihaknya juga sudah melengkapinya. Dan masker itu akan disalurkan hari ini kepada masyarakar yang ada di desa tersebut.

Sementara itu, Kapolsek Meurah Mulia, Ipda Sirya Iqbal mengatakan, untuk mengantisipasi pencegahan Covid-19, di kecamatan itu sudah dibentuk relawan, sesuai arahan di Pusat.

“Kita mengimbau saling bekerjasama, kami dari Muspika juga sudah menyampaikan pada apratur gampong untuk mentaati peraturan kebijakan pemerintah terkait antisipasi dan pencegahan virus Corona ini,” ujarnya.

Kapolsek juga meminta kepada masyarakat, untuk tidak mengadakan kegiatan social yang berkumpul orang banyak, menghindari keramaian, saling jaga jarak, serta memakai masker. Tetap menjaga keamanan gampong masing-masing selama Covid-19.

“Kesadaran masyarakat secara umum sudah mulai sadar, apalagi sekarang ini sudah di bagikan masker, dan masyarakat juga sudah mematuhi untuk menghindari tempat keramaian.

Sementara itu, Camat Meurah Mulia, Fuad Cahyadi mengatakan, dari jumlah total 50 desa di Kecamatan Meurah Mulia, baru sekitaran 30 desa lebih yang melakukan desinfeksi di gampongnya.

“Jadi untuk sisanya, kita akan segera koordinasi dengan keuchik desa-desa yang belum, agar segera menyemprot cairan desinfektan guna mencegah Covid-19,” tuturnya.

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...