Unduh Aplikasi

Ada Lelang Ada Cuan

Ada Lelang Ada Cuan
Ilustrasi: SW.

PEMERINTAH Aceh mengumumkan dimulainya tender seleksi sebanyak 1.715 paket kegiatan dalam rangka percepatan pengadaan barang jasa. Total nilai lelang mencapai Rp 2,4 triliun yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh 2021. 

Semua paket ini akan dilelang secara elektronik. Pada akhir Maret, diharapkan seluruh lelang dapat diselesaikan dan pekerjaan itu dapat segera dimulai. 

Pengumuman lelang ini ditunggu banyak orang. Tidak hanya para rekanan pemerintah, namun juga masyarakat Aceh. Apalagi APBA masih menjadi instrumen penting dalam menggerakkan perekonomian Aceh, terutama di tengah kelesuan akibat pandemi Covid-19.

Satu sektor penting yang selama ini menjadi andalan Aceh dalam menghasilkan cuan adalah pariwisata. Namun sepanjang tahun lalu, sektor ini benar-benar terpuruk. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat turis mancanegara yang berwisata ke Aceh pada April 2020 hanya satu orang. 

Menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk melalui pintu kedatangan di Provinsi Aceh menurun hingga 99,69 persen dibandingkan Maret lalu. Angka tersebut juga menurun drastis sebesar 99,97 persen bila dibandingkan April 2019.

Jumlah penumpang domestik di Bandara Sultan Iskandar Muda juga menurun drastis hingga mencapai 85,68 persen pada April 2020. Bisnis transportasi, perhotelan dan jasa lainnya mengalami pukulan telak. 

karena itu, APBA 2021 yang secara bertahap dilelang harusnya dapa menjadi sekoci yang menyelamatkan rakyat Aceh. Terutama dalam meningkatkan daya beli masyarakat dan menciptakan lapangan kerja. 

APBA 2021 adalah alat pemulihan ekonomi yang penting. Tentu saja ini harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Termasuk dengan mengedepankan proses lelang yang adil dan benar-benar bersaing. Jangan sampai kue ekonomi ini hanya dinikmati oleh segelintir orang. Atau malah menjadi sumbu keributan. 

Publik di Aceh juga berharap agar aparat negara di bidang pengawasan, terutama Komisi Pemberantasan Korupsi, ikut mengawasi proses lelang ini. Dan tidak ada salahnya Pemerintah Aceh mendorong agar para pemenang lelang dapat menggandeng industri-industri kecil dan menengah di Aceh dan tidak membiarkan keuntungan lebih banyak dinikmati orang-orang di luar Aceh. 

Komentar

Loading...