Unduh Aplikasi

ACT Aceh: Kondisi Pengungsi Rohingya Memprihatinkan

ACT Aceh: Kondisi Pengungsi Rohingya Memprihatinkan
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid menyaksikan penyerahan Bantuan dari Aceh Singkil For Rohingya kepada ACT Aceh

ACEH SINGKIL - Empat ratusan ribu pengungsi muslim Rohingya yang eksodus dari wilayah Rhakitne, Myanmar dalam kondisi memperihatinkan, selain lokasi pendirian camp yang banjir, pasokan makanan bagi bayi dan anak juga tidak mencukupi.

Koordinator Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, Husaini Ismail dalam Acara Konser Amal sekaligus penyerahan Sumbangan dari Aceh Singkil For Rohingya, Minggu (24/9) malam di Lapangan Mariam Sipolly Rimo, meengatakan berdasarkan laporan terbaru yang mereka terima, saat ini sekitar 1.400 orang anak-anak tiba di lokasi pengungsian tanpa orang tua.

"Malam ini kita duduk nyaman di sini, tapi yakinlah di saat yang bersamaan saudara-saudara kita muslim Rohingya baik yang masih berada di sejumlah wilayah Myanmar apalagi di tempat pengungsian kondisinya sangat memprihatinkan, kalau hujan mereka kehujanan, lokasi penampungan mereka banjir, bayi-bayi tanpa makanan yang layak," kata Husaini

Dalam kesempatan itu Husaini mengaku sumbangan yang terhimpun dari seluruh Aceh akan disalurkan untuk biaya pendidikan , Shalter dan makanan bagi para pengungsi Rohingya. ACT sendiri telah memberangkatkan kapal untuk mengirim 2000 ton beras dan bahan makanan lainnya.

"Kami salut dengan kepedulian warga Aceh Singkil, awalnya sumbangan ini ingin di transfer, tapi kami ingin langsung menjemputnya kemari," ujarnya.

Sementara itu Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid yang turut menghadiri acara Konser amal tersebut mengaku sangat prihatin dengan kejadian yang menimpa etnis Rohingya. Ia berharap kekerasan yang dialami etnis muslim di Myanmar tersebut dapat segera dihentikan.

"Kita sangat prihatin, saya yakin kalau dekat, kita pasti akan membantu secara fisik, tapi kita jauh sehingga kita bisa membantu mereka lewat doa dan sumbangan yang nantinya dapat disalurkan kepada mereka," ujar Bupati yang hadir tanpa didampingi satu pun kepala SKPK, padahal panitia telah melayangkan undangan.

Aceh Singkil For Rohingya sendiri dalam kesempatan itu menyerahkan sumbangan hasil penggalangan dari masyarakat, badan usaha dan institusi pemerintahan kepada ACT Aceh senilai Rp. 66.540.000.

"Sumbangan ini adalah bentuk kepedulian yang ikhlas dari masyarakat Aceh Singkil untuk Rohingya, jumlah yang terkumpul untuk disalurkan melaui ACT senilai Rp. 66.540.000, kami sangat berterimaksih kepada masyarakat" kata Wajir Antoro, Koordinator Aceh Singkil For Rohingya.

Komentar

Loading...