Unduh Aplikasi

Aceh Utara Miliki 10 Produk Unggulan

Aceh Utara Miliki 10 Produk Unggulan
Foto: dekranasacehutara

LHOKSEUMAWE – Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, Apridar mengungkapkan Kabupaten Aceh Utara memiliki sepuluh produk unggulan, yakni komuditi sawit, kakou, karet, cabe, durian, tangkapan hasil laut, praktik kebidanan, serta hasil kerajinan tangan.

"Hasil riset yang telah saya pimpin bersama tim sejak tahun 2012 lalu, hasil surve menunjukkan ada 10 produk yang menjadi unggulan daerah ini. Seperti, sawit, padi, kakao, penangkapan hasil laut, cabe, karet, durian, ayam ras, praktik kebidanan, kerajinan tangan,” kata Rektor Unimal Prof Apridar, pada desiminasi produk unggulan Aceh Utara atas kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Utara di Gedung Akademik Center Cunda (ACC) Unimal, Lhokseumawe, Selasa (29/11).

Apridar menambahkan, hasil riset tersebut perlu diupdate kembali agar sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah minimal tiga atau empat tahun sekali.

“Seperti saat ini, potensi sawit tidak baik untuk dikembangkan, ada solusi lain, yaitu seperti tanaman kurma, salah satu produk yang memiliki potensi untuk dikembangkan di pasar besar, " ujarnya.

Apridar berharap agar Pemerintah Aceh Utara dan pemerintah kabupaten/kota lainnya membuat pemetaan potensi daerah berdasarkan hasil surve dan riset.

"Kami siap bekerjasama dengan lembaga mana pun melakukan riset untuk Aceh lebih baik. Sehingga nantinya, hasil tersebut dapat diaplikasikan pada masyarakat yang bertaraf dalam peningkatan kesejahteraan rakyat, " ujarnya.

Komentar

Loading...