Unduh Aplikasi

Aceh Memasuki Musim Pancaroba

Aceh Memasuki Musim Pancaroba
ilustrasi. Foto: Net
LHOKSEUMAWE - Kondisi cuaca di Aceh selama tiga hari terakhir ini panas dan menyengat, bahkan suhu udaranya mencapai 35 derajat celsius. Gejala cuaca tersebut, diperkirakan terjadi selama tiga hari ke depan.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang Zakaria, Minggu (21/8) mengatakan, wilayah Aceh sudah memasuki musim pancaroba.

“Saat ini wilayah Aceh sudah memasuki musim pancaroba, terkadang terjadi panas yang menyengat dan tiba-tiba bisa saja terjadi hujan. Bahkan suhu udaranya mencapai 35 derajat celsius,” ujar Zakaria.

Zakaria menambahkan, cuaca panas tersebut, juga dipengaruhi adanya tekanan rendah atau low pressure di wilayah Samudera Pasific, sehingga masa udara dari Samudera Hindia tertarik melalui dataran Aceh.

Selain cuaca panas, angin kencang dan gelombang tinggi juga masih melanda wilayah Aceh, untuk perairan Sabang dan Banda Aceh tinggi gelombang mencapai tiga meter, Samudera Hindia 4 meter, perairan Selat Malaka tiga meter dan Singil sampai Aceh Taming mencapai 3 meter.

“Selama musim ini memang terjadi gejala cuaca yang tidak stabil, maka setiap masyarakat harus lebih waspada. Apalagi pada bulan September mendatang, intensitas petir akan semakin tinggi,” tutur Zakaria.

Komentar

Loading...