Unduh Aplikasi

Aceh Masuk Musim Penghujan, BMKG: Tingkatkan Kewaspadaan

Aceh Masuk Musim Penghujan, BMKG: Tingkatkan Kewaspadaan
Hujan. shutterstock

BANDA ACEH - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memprediksi saat ini atau bulan Oktober 2018, wilayah Aceh sudah memasuki musim penghujan. Masyarakat dimintas meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir dan tanah longsor karena musim hujan diprediksi akan berlangsung hingga Januari 2019 mendatang setelah peralihan musim dari bulan September.

"Turunnya hujan beberapa hari ini karena mulai mendinginnya atmosfir lapisan atas wilayah Aceh dan diperkuat dinamika atmosfer lain, dimana adanya low pressure yang tumbuh di Samudra hindia bagian barat Aceh," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Zakaria, Jumat (12/10).

Bulan Oktober kata Zakari, merupakan awal masuknya musim penghujan di Aceh, dan akan semakin sering dengan tumbuhnya lowpressure  atau tekanan rendah disekitar Aceh sehinggga berpengaruh pada cuaca diwilayah tersebut.

"Keadaan seperti ini kita prediksi berlangsung hingga Januari 2019 yang merupakan puncak musim hujan di Aceh," kata Zakaria.

Dengan keadaan atmosfir seperti ini, BMKG Aceh memperkirakan hingga tiga hari kedepan hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga berat berpotensi mengguyur hampir seluruh Aceh. Hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi di Sabang, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen.

"Untuk masyarakat dataran tinggi perlu berhati-hati terhadap tanah longsor, sedang mereka di dataran rendah dan daerah aliran sungai mewaspadai bencana banjir. Begitu juga daerah perkotaan karena daerah resapan air sudah berkurang akibat tertutup bangunan," imbau Zakaria.

Zakari juga mengingatkan nelayan mewaspadai fenomena cuaca buruk yang disertai angin kencang karena akan berdampak pada tinggi gelombang di laut. Daerah yang dinilai perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir yakni Kabupaten Aceh Jaya, Singkil, Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Lhokseumawe dan Aceh Utara.

"Untuk Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Gempang, Tutut, Aceh Tenggara dan Subulussalam berpotensi longsor," tuturnya.

Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...