Unduh Aplikasi

Aceh Juga Bisa Memiliki Dai Sekelas Abdul Somad

Aceh Juga Bisa Memiliki Dai Sekelas Abdul Somad
Tgk Muhammad Fadhil Rahmi bersama Ustad Abdul Somad. Foto: Ist

BANDA ACEH - Kehadiran tuan guru Ustad Abdul Somad atau yang lebih dikenal dengan UAS mampu membangkitkankan semangat dan persatuan masyarakat Aceh, bahkan fenomena dan demam UAS sang dai sejuta follower itu sangat luar biasa. Namun mampukah Aceh melahirkan Dai sekelas Ustad Abdul Somad?

Ketua IKAT Aceh, Tgk. Muhammad Fadhil Rahmi menyampaikan bahwa hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil, pasalnya setiap tahun Banda Aceh menjadi salah satu tuan rumah untuk seleksi nasional pendidikan ke Timur Tengah, dan Ikat Aceh membatu fasilitasi sejak dari bimbingan, Try Out bahkan sampai tahap sosialisasi.

"Saya yakin Aceh pasti bisa, apalagi Aceh memiliki lembaga yang khusus menangani beasiswa, kalau serius pasti bisa," kata Fadhil, Kamis (4/1).

Selain itu, sosok yang baru pulang mendampingi dakwah Ustad Somad di Nusantara menyampaikan sejumlah harapan dan target agar cita-cita tersebut dapat terwujud, yaitu adanya perhatian khusus dari pemerintah melalui Lembaga Peningkatan Sumber Daya Manusia (LPSDM) Aceh.

"Kenapa perlu perhatian pemerintah disini, karena selama ini yang lulus seleksi adalah mayoritas dan hampir seluruhnya tanpa beasiswa, banyak yang lulus seleksi tapi tidak bisa berangkat, karena alasan finansial," ungkap Fadhil.

Ia melanjutkan, bahwa Seleksi nasional belajar ke Timur Tengah selama ini adalah khusus untuk program strata satu (s1), dan LPSDM tidak mengakomodir beasiswa bagi s1 ke luar negeri, hanya untuk S2 dan s3.

"Minat orangtua dan para alumni dayah/pesantren sangat tinggi, hampir setiap hari ada yang tanya informasi tentang pendidikan di Timur Tengah trutama Al-Azhar Mesir," ujar Fadhil.

Ia mengatakan bahwa sosok UAS seperti sekarang karena dari S1 ia sudah di Timteng, tidak hanya S2. "Tentu tanpa bermaksud merendahkan kualitas lulusan s1 di tempat lain. Artinya, kalau mau belajar ke timteng, baiknya sedari S1, itu idealnya," kata Fadhil.

Selain itu, Fadhil menambahkan kalau pihaknya siap membantu dan bertemu gubernur dalam hal ini mungkin Lpsdm untuk presentasi tentang hal tersebut.

"Seminggu yang lalu, saya ketemu Dubes Maroko juga, mereka siap membantu untuk menfasilitasi beasiswa di Maroko, dan Ikat selalu siap," jelasnya.

Komentar

Loading...