Unduh Aplikasi

Aceh Jaya Siapkan 330 Ton Benih Padi untuk Musim Tanam 2021

Aceh Jaya Siapkan 330 Ton Benih Padi untuk Musim Tanam 2021
Kepala Dinas Pertanian Aceh Jaya, Saiful Bahri. Foto: AJNN/Suar.

ACEH JAYA - Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui sektor pertanian sudah mempersiapkan sebanyak 300 ton benih padi Inbrida varietas inpari 42 untuk musim tanam tahun 2021.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya, Saiful Bahri mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan calon benih padi inbrida varietas inpari 42 pada musim tanam tahun 2021 sebanyak 330 ton.

"Kami sudah menyiapkan calon benih padi untuk tahun 2021 sebanyak 330 ton dari hasil tanam para petani di Aceh Jaya," kata Kepala Dinas Pertanian, Saiful Bahri yang didampingi Kabid TPH, Fadlul Mirza, Rabu (30/9).

Katanya, dari 330 ton calon benih padi itu merupakan hasil tanam para kelompok tani penangkar di bawah pengawasan Pengawas Benih Tanaman (PBT) yang terdiri dari Kelompok Saban Peurle yang bekerjasama dengan PT. Pertani, dengan luas lahan 50 hektare yang berada di Kecamatan Panga, Aceh Jaya.

Selain itu juga, dari hasil tanam para petani yang tergabung dalam Seribu Desa Mandiri Benih (SDMB) yang berada di Kecamatan Jaya, Darul Hikmah, Setia Bakti, Panga, Teunom dan Pasie Raya seluas 60 hektare.

"Yang di Kelompok Saban Perle Panga seluas 50 hektare, rencana akan kami panenkan pada akhir Oktober 2020, sedangkan yang di SDMB juga akan kita panenkan dalam tahun ini juga," terangnya.

Sehingga, dari dua kegiatan tersebut diperkirakan akan menghasilkan calon benih padi sebanyak 330 ton. Dengan demikian, pihaknya memperkirakan untuk musim tanam tahun 2021 mendatang Aceh Jaya punya stok calon benih padi sebanyak 330 ton.

"Harapannya, di musim tanam tahun 2021 mendatang warga Aceh Jaya tidak lagi mendatangkan benih padi dari luar, karena calon benih padi sebanyak 330 ton yang kami persiapkan akan mencukupi kebutuhan petani dengan luas sawah kurang lebih 8.943 hektare, malah dengan benih padi yang sudah kita siapkan itu akan menjadi surplus," pungkas Saiful.

Komentar

Loading...