Unduh Aplikasi

Aceh Hebat Melalui Ragam Pesona Wisata

Aceh Hebat Melalui Ragam Pesona Wisata
Foto: Ist

JAKARTA - Menteri Pariwisata Arief Yahya meluncurkan Calendar of Event Aceh 2019! Akan ada 100 acara/festival/event pariwisata yang tersebar di seluruh Provinsi Aceh pada tahun 2019. Tiga diantaranya telah masuk Top-100 Calendar of Event Nasional yaitu Aceh Culinary Festival (5-7Juli 2019), Saman Gayo Alas Festival (18-19 Agustus 2019), dan Aceh International Diving Festival (6-7 Oktober 2019).

Turut hadir Plt Gubernur Aceh dan seluruh bupati/wali kota di Provinsi Aceh. Hal ini menunjukkan persatuan dan semangat yang sama untuk memajukan pariwisata Aceh (Aceh Incorporated)

Dalam sambutannya, Menpar menyampaikan terkait sebuah event pariwisata. Alokasi anggaran dan sumber daya harus minimal 50:50 untuk pelaksanaan dan promosi event-nya.

"Jangan sampai sudah heboh membuat event, namun tidak ada upaya promosi yang optimal, sehingga tidak ada yang datang dan hanya dinikmati diri sendiri," kata Menpar, Arief Yahya.

Menpar juga memberi arahan terkait pelaksanaan event pariwisata daerah. Khususnya terkait kriteria sebuah event masuk Top 100 CoE Nasional, yaitu dengan menggunakan 5C, yaitu Creative Value: Koreografi, Desainer, Aransemen, memanfaatkan panggung yang besar, Commercial Value: Jumlah wisatawan, Communication Value: media value, camera genic, Commitment CEO: Gubernur dan Bupati Harus Committed, dan Consistency: minimal tiga tahun berturut-turut diselenggarakan

"Semoga Aceh semakin marak dan ramai oleh wisatawan yang hadir menikmati Ragam Pesona Wisata Aceh," ujarnya.

ADV

Komentar

Loading...