Unduh Aplikasi

Aceh dan Tanda Kandasnya Wacana Terusan Kra Thailand

Aceh dan Tanda Kandasnya Wacana Terusan Kra Thailand
Foto: Ist

BANDA ACEH - Pegiat Kemaritiman, Masady Manggeng menyebutkan hadirnya utusan khusus Donald Trump, Menteri Transportasi Amerika Serikat Elaine Chao dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024, menjadi tanda penting bagi arus shipping line asia pasific.

Menurutnya, Indonesia punya peran penting dalam Geopolitik-Ekonomi. AS mengantisipasi keinginan Thailand dalam membangun Terusan Kra. Hal itu dijawab dengan sumringahnya PM Singapore dan tidak nyamannya Pemerintah Thailand yang mengirim utusan khususnya yakni Deputi Perdana Menteri. 

"Dalam perkembangan politik Internasional tersebut, Aceh kembali diuji untuk segera berbenah, sadar akan peluang untuk tancap gas tinggalkan Belawan. Aceh harus hadir menyakinkan Pemerintah RI, bahwa Aceh mampu gantikan peran Singapore di suatu saat," katanya.

Dikatakan Ady, Aceh tidak lagi mengurus urusan remeh temeh. Aceh harus segera berbenah dengan mengefektifkan dana otsus untuk tangkap peluang besar dan Pemerintah Aceh dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PEMA dan BPMA tidak hanya sekedar lembaga prasyarat kerjasama investasi, tapi menjadi pemain inti dalam investasi.

"Saya berharap Pemerintah Aceh segera memperkuat Badan Usaha Milik Daerah yakni PEMA dengan merekrut profesional untuk men-drive PEMA dan BPMA, kalau bisa kelas CEO Internasional," harapnya.

Komentar

Loading...