Unduh Aplikasi

Aceh Daerah Tercepat Salurkan Dana Desa Tahap Pertama

Aceh Daerah Tercepat Salurkan Dana Desa Tahap Pertama
Kakanwil DJPb Aceh Syafriadi. Foto; AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Direktorat Jenderal Perbendaharaan Aceh mencatat provinsi Aceh merupakan daerah tercepat se Indonesia menyalurkan dana desa tahap pertama 2021.

Kakanwil DJPb Aceh Syafriadi mengatakan realisasi penyaluran dana desa tahap pertama sampai 8 April 2021 telah mencapai Rp954 miliar lebih atau 15,16 persen dari pagu Rp 4,9 triliun.

"Dari provinsi lain, Aceh daerah tercepat salurkan dana desa tercepat. Ini suatu apresiasi," katanya, Minggu (11/4).

Meski penyaluran dana desa lebih cepat, lanjut Syafriadi, namun tidak diikuti oleh dana alokasi khusus (DAK) yang capaiannya baru 8,39 persen atau Rp 298 miliar dari pagu Rp 3,56 triliun.

"Untuk DAK non fisik realisasi baru 288 miliar dan DAK fisik mencapai Rp 9 miliar. Ini perlu didorong lebih kencang percepatan realisasinya," ujarnya.

Ia menyebutkan pemerintah telah mengalokasikan Rp694 triliun untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dibagi dalam lima kluster yakni perlindungan sosial, program prioritas, kesehatan, dukungan UMKM dan koperatif serta intensif usaha.

"Program PEN dapat terus dioptimalkan untuk mendukung pemulihan ekonomi di Aceh salah satunya pemberdayaan UMKM. Pemerintah harus benar-benar dapat diakselerasi dengan baik," ujarnya.

Untuk pencapaian target penyerapan belanja APBN 2021, pihaknya terus berupaya mendorong percepatan pelaksanaan kegiatan, pencairan dana APBN dan penyalurannya untuk melindungi masyarakat dan mengakselerasi pemulihan perekonomian.

"Untuk triwulan pertama kinerja APBN lebih tinggi dibandingkan 2019 dan 2020 pada triwulan yang sama. Untuk menjaga percepatan pertumbuhan ekonomi perlu dilakukan akselerasi realisasi belanja pemerintah, baik oleh instansi vertikal maupun oleh SKPA atau SKPK," ungkapnya.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...