Unduh Aplikasi

Aceh Besar targetkan swasembada pangan

Aceh Besar targetkan swasembada pangan
Swasembada pangan, Foto: citizendaily.ne
ACEH BESAR- Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menargetkan swasembada pangan sehingga mampu menunjang ketahanan pangan di Provinsi Aceh.

“Kami menargetkan swasembada pangan yang berkelanjutan. Untuk itu, kami mengajak semua pihak ikut berperan serta merealisasikan target tersebut,” kata Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah di Jantho, ibu kota Kabupaten Aceh Besar, Jumat.

Bupati mengatakan, areal musim tanam ini mencapai 33 ribu hektare lebih. Sedangkan areal musim tanam lalu hanya 18 ribu hektare. Dengan demikian, areal tanah pada 2014 mencapai 51 ribu hektare.

Dari jumlah areal tanam tersebut, kata dia, produksi padi di Kabupaten Aceh Besar mencapai 250 ribu ton. Sedangkan angka produktivitas rata-rata padi di Aceh Besar pada 2014 mencapai 6,4 ton per hektare.

Sedangkan kebutuhan gabah di Aceh Besar lebih dari 100 ribu. Dengan demikian, Aceh Besar menghasilkan surplus pada mencapai 150 ribu ton. Artinya, Aceh Besar mampu swasembada pangan, kata dia.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Besar terus berupaya meningkatkan produktivitas petani, sehingga swasembada pangan ini bisa berkelanjutan,” kata Bupati.

Upaya yang dilakukan, kata dia, dengan menerapkan teknologi pertanian. Seperti menggunakan mesin tanam padi. Penggunaan mesin tanam padi ini untuk membantu petani mempercepat penanaman benih padi.

Bupati mengatakan, pihaknya senantiasa mengharapkan dukungan semua pihak agar Aceh Besar surplus dan swasembada pangan berkelanjutan. Keberhasilan surplus dan swasembada pangan tersebut mendapat apresiasi dari semua pihak.

Selain itu, sebut dia, pihaknya juga mengharapkan semua pihak untuk bersama-sama lebih memantapkan persiapan menghadapi musim tanam 2015. Caranya dengan mencurahkan tenaga dan pikiran memajukan pertanian Aceh Besar.

“Peran serta seluruh elemen masyarakat tersebut selalu kami nantikan, sehingga swasembada pangan tidak hanya diraih sekarang ini, tetapi juga terus berkelanjutan di masa-masa mendatang,” kata Mukhlis Basyah.

ANTARA

Komentar

Loading...