Unduh Aplikasi

Aceh Besar Masuk Zona Merah Covid-19, 12 Daerah Lain Zona Hijau

Aceh Besar Masuk Zona Merah Covid-19, 12 Daerah Lain Zona Hijau
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 nasional telah mengumumkan update terbaru daftar wilayah risiko yang masuk zona merah dan hijau penyebaran virus corona (Covid-19). Termasuk untuk provinsi Aceh.

Penentuan berdasarkan indikator kesehatan warga seperti epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, hingga pelayanan kesehatan.

Khusus di Aceh, hanya satu daerah yang masuk dalam klaster zona merah yakni Kabupaten Aceh Besar. Hal itu disebabkan karena Aceh Besar merupakan daerah tertinggi terpapar Covid-19.

Sementara ini, pasien positif corona dari Kabupaten Aceh Besar sudah mencapai 49 orang dari total 151 kasus se Aceh. Rinciannya, 18 dinyatakan sembuh, empat meninggal dunia dan 27 lainnya masih dalam perawatan.

Terkait penetapan zona merah ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Aceh Besar, Iskandar mengatakan, pihaknya tidak mengetahui dasar penetapan zona merah tersebut.

"Padahal kalau kita lihat dengan Banda Aceh jumlah kasusnya beda sedikit, Banda Aceh 44, hanya saja kita yang meninggal empat orang," kata Iskandar saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (23/7).

Meski demikian, Iskandar menyampaikan, Pemkab Aceh Besar tidak mempermasalahkan penetapan zona merah tersebut, mereka akan intropeksi diri dan kembali memperketat protokol kesehatan.

"Kita tidak masalah, jika ditetapkan merah, maka kita lebih perketat lagi protokol kesehatannya, seperti di tempat keramaian," ujarnya.

Iskandar menegaskan, pengawasan pencegahan Covid-19 perlu diperketat karena selama ini masyarakat masih menganggap remeh penyebaran virus itu, sehingga tidak menerapkan protokol kesehatan.

"Kami akan perketat pengawasan, kita tidak akan protes ke pusat, karena mereka sudah ada hitungannya," tutur Iskandar.

Selain zona merah, Satgas Pusat juga telah merilis daerah yang masuk dalam zona hijau, di Aceh terdapat 12 kabupaten/kota ditetapkan zona hijau.

12 kabupaten/kota tersebut yakni, Aceh Barat Daya, Pidie Jaya, Nagan Raya, Kota Subulussalam, Pidie, Aceh Singkil, Simeulue, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Timur, Gayo Lues dan Bener Meriah. 

Komentar

Loading...