Unduh Aplikasi

Aceh Berkabut, Diperkirakan Asap Kiriman dari Provinsi Lain di Sumatera

Aceh Berkabut, Diperkirakan Asap Kiriman dari Provinsi Lain di Sumatera
Kabut asap di wilayah Kota Banda Aceh

BANDA ACEH - Kabut asap mulai menyelimuti langit Aceh, bahkan hampir terjadi di seluruh kabupaten/kota. Asap itu diperkirakan kiriman dari kebakaran hutan dan lahan dari beberapa provinsi di wilayah Sumatera.

"Untuk asal kabut asap kami memperkirakan masih merupakan asap kiriman dari musibah kebakaran hutan dan lahan beberapa propinsi lain di Sumatera," kata kata Kasi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Zakaria Ahmad saat AJNN, Senin (23/9).

Zakaria mengatakan, sejak beberapa hari lalu kabut asap terasa di sejumlah kabupaten/kota. Namun, saat ini diperkirakan sudah menyelimuti seluruh daerah di Aceh, termasuk Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang.

Meskipun, kata Zakaria, menurut data sebaran asap BMKG pusat hari ini tidak terlihat adanya sebaran asap di Aceh. Hal itu kemungkinan besar karena kelemahan satelit. Dimana satelit tidak dapat memantau asap bila tertutup awan.

Seperti yang diketahui bahwa Aceh saat ini sedang banyaknya tumbuh awan hujan, maka wajar ketika dilihat dari peta sebaran asapnya tidak terdeteksi adanya paparan asap di langit Aceh.

"Namun kami BMKG Aceh dapat memastikan itu kabut asap, karena bila kita lihat mata hari nampak berwarna kuning ke merah-merahan dan langit berwarna putih abu-abu relatif rata. Sedangkan kalau langit ditutupi awan akan telihat gumpalan-gumpalan," ujarnya.

Maka dari itu, Zakaria menghimbau kepada masyarakat Aceh agar memakai masker perlindungan jika sedang berada di luar ruangan. Khususnya bagi daerah yang tingkat kabut asapnya tebal.

"Untuk warning selalu memakai masker, pelindung bila berada diluar ruangan khususnya untuk daerah yang kabut asapnya tebal," tutur Zakaria.

Komentar

Loading...