Unduh Aplikasi

Aceh Barat Kembali Dilanda Banjir, Tiga Rumah Terseret Arus

Aceh Barat Kembali Dilanda Banjir, Tiga Rumah Terseret Arus
Banjir, Foto : Antara
ACEH BARAT - Kabupaten Aceh Barat kembali dilanda banjir tepatnya di Kecamatan Pantai Ceureumen. Akibat dari banjir tersebut, tiga rumah warga hanyut dibawa arus sungai, banjir terjadi, Jumat (23/10) kemarin. Banjir tersebut merupakan luapan sungai sekitar.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Endy Alfian kepada AJNN, Sabtu (24/10) mengatakan, banjir yang terjadi di Pantai Ceureumen, telah merendam enam desa dan terparah terjadi di Desa Cange dan Ketembang, sedangkan untuk Desa Seumantok, Pulo Teungo, Lawet, Langoe hanya berdampak saja.

"Untuk Keutambang dan Cange, ketinggian air tadi malam sekitar pukul 00.00 Wib capai 2 meter lebih, sedangkan empat desa lainnya ketinggian air hanya dibawah satu meter. Sedikitnya 20 KK atau 97 jiwa warga Desa Cange mengungsi kerumah warga lainnya yang tidak terendam banjir," katanya

Dari banjir tesebut, kata dia, tebing sungai sepanjang lima meter tergerus air sungai akibat dari abrasi, serta menyebabkan tiga unit rumah warga milik Zulkhairi, Sulaiman dan Zukifli terseret arus. Rumah tersebut berdiri hampir berdekatan dengan tebing sungai.

Selain dari tiga unit rumah, kata Endy, jalan desa sepanjang 50 meter juga putus tergerus banjir. Akibatnya, pintu air irigasi bobol terseret air.

"Belum bisa dipastikan apakah sawah warga yang terendam itu sedang dalam masa tanam atau tidak," jelasnya.

Menurutnya, untuk bantuan masa panik, BPBD Aceh Barat sudah mengirimkan makanan siap saji. Selain itu, pihak Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Tarnsmigrasi (Dinsosnakertrans) Aceh Barat juga sudah menyalurkan logistik lainnya berupa mie instant, telur, minyak goreng dan beras.

|DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...