Unduh Aplikasi

Aceh Barat dan Banda Aceh Daerah dengan Penduduk Produktif Tertinggi di Aceh

Aceh Barat dan Banda Aceh Daerah dengan Penduduk Produktif Tertinggi di Aceh
ACEH BARAT - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat menilai Aceh Barat dan Banda Aceh menjadi dua kab/kota di Aceh yang berpotensi lebih cepat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

"Aceh Barat dan Banda Aceh merupakan dua daerah dengan jumlah penduduk usia produktifnya tertinggi, jadi kami berharap daerah ini memiliki potensi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Direktur Kebijakan BKKBN Pusat, Sunarto, saat menghadiri peresmian Desa Pasi Pinang, yang berada di Kecamatan Meureubo, sebagai Kampung Keluarga Berencana, Jumat (18/2).

Untuk mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dibidang pembangunan tersebut, kata Sunarto, salah satu program BKKBN adalah menciptakan lahirnya kampung KB sebagai desa percontohan bagi desa lain yang ada di Aceh Barat. Program ini menurutnya merupakan program nasional yang digerakkan disetiap kab/kota.

Menurutnya, untuk kepesertaan KB di kabupaten berjuluk Teuku Umar tersebut sudah berjalan dengan baik. Bahkan, secara data yang diperoleh pihaknya telah mencapai 50 persen.

Dengan adanya gerakan kampung KB tersebut, jelasnya, peran kerjasama antara pemerintah dan masyarakat semakin tinggi, sehingga peningkatan kesejahteraan dan pembangunan di Aceh Barat terus berkembang dan mampu menjadi daerah percontohan bagi daerah lain.

Sementara itu, Asisten Deputi Kependudukan dan Keluarga Berencana dari Kementerian Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (PMK), Andi Rahmadi mengatakan, untuk kabupaten Aceh Barat harus terus didorong dalam peningkatan keluarga berencana agar lebih efektif.

Dengan adanya kampung KB bukan dalam makna sempit atau sebagai daerah kepesertaan KB semata, namun kampung KB yang dimaksud tersebut untuk membangun kesejahteraan masyarakat di semua sektor yang ada.

"Program kampung KB ini tidak cuma pendekatan KB saja tapi multisektor seperti peningkatan ekonomi masyarakat, pemberdayaan masyarakatnya juga sehingga masyarakatnya bisa mandiri,”kata dia.

Dirinya berharap dengan lahirnya kampung KB di Desa Pasi Pinang, pembangunan di Aceh Barat dapat lebih ditingkatkan lagi. Menurutnya secara perencanaan pembangunan Aceh Barat juga sudah sangat baik.

"Apalagi dengan masuknya Aceh Barat sebagai kabupaten terbaik pertama di Indonesia dibidang perencanaan pembangunan sehingga mampu memperoleh piala Pangripta Utama," imbuhnya

Menurut dia, adanya intervensi dalam program kampung KB bukan berarti daerah tersebut masih tertinggal. Akan tetapi dengan adanya intervensi pemerintah pusat melalui program kampung KB daerah tersebut dapat ditingkatkan lebih baik lagi dalam pembangunannya.

Komentar

Loading...