Unduh Aplikasi

Abusyik Didesak Keluarkan SK Aturan Wajib Pakai Masker

Abusyik Didesak Keluarkan SK Aturan Wajib Pakai Masker
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE - Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) diminta harus segera menerbitkan surat keputusan (SK) yang mewajibkan penggunaan masker saat keluar dari rumah untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Pidie.

“Dengan diterbitkan SK Bupati Pidie, maka sudah ada sebuah aturan wajib penggunaan masker, jika memang aturan itu tidak diindahkan, siapapun dapat dikenai sanksi," kata Praktisi Hukum Muharramsyah kepada AJNN, Kamis (24/5).

Dalam SK tersebut setiap orang yang berada di Kabupaten Pidie wajib melakukan tindakan-tindakan sebagai upaya agar tidak tertular Corona Virus Disease (COVID-19) dan mendukung program pemerintah terkait penanggulangan penyerbarluasan corona virus.

Dalam UU No 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, KUHP Pasal 212, 216 dan 218, UU No 6 Tahun 2018 mengatur tentang Kekarantinaan Kesehatan, dan/atau ketentuan sanksi pidana dan sanksi lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Jadi setiap orang mengabaikan dikenakan sanksi pidana dan sanksi-sanksi lainnya sebagaimana yang disebutkan dalam undang-undang tersebut," ujarnya.

Selain itu, melalui SK tersebut bisa dibentuk tim pemantau yang akan selalu berpatroli dan menindak warga yang ketahuan tidak menggunakan masker.

"Sebelum diberlakukan SK, hendaknya harus dilakukan edukasi kepada masyarakat melalui masa uji coba. Dan selanjutnya baru diterapkan dengan pemberlakuan sanksi denda," kata Muharram.

Dalam masa edukasi tersebut, Pemerintah Pidie harus mempersiapkan pengadaan masker untuk dibagikan kepada masyarakat Pidie secara gratis. Masa uji coba akan berlangsung sepekan dilanjutkan penerapan sanksi.

Komentar

Loading...