Unduh Aplikasi

Abu Yus Dampingi Abdullah Puteh Serahkan Syarat ke KIP Aceh

Abu Yus Dampingi Abdullah Puteh Serahkan Syarat ke KIP Aceh
Abu Yus mendampingin Abdullah Puteh dan Sayed Mustafa Usab ketika menggelar konferensi pers di KIP Aceh. Foto: Hendra Keumala.
BANDA ACEH - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab yang maju melalu jalur perorangan (Independen) menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, sebagai syarat untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Pantauan AJNN, Abdullah Puteh yang merupakan bekas Gubernur Aceh didampingi Tgk. H. Muhammad Yus ketika menyerahkan syarat dukungan ke KIP Aceh. Selain Abu Yus--sapaan Tgk. H. Muhammad Yus--juga tampak bekas anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRA sekarang) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Munir Azis, dan Bekas Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Tantowi Ishak saat Abdullah Puteh menjabat sebagai gubernur.

Untuk diketahui, Abu Yus merupakan bekas Ketua PPP Aceh. Selain itu, Abu Yus juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) periode 2004-2009 dari Partai PPP untuk daerah pemilihan NAD 1. Abu Yus juga merupakan ayah dari Ketua Fraksi Partai Aceh di DPRA Kautsar Muhammad Yus.

Sementara itu, Abdullah Puteh dalam kesempatan tersebut meminta kepada masyarakat Aceh untuk memaafkannya karena pernah terlibat tindak pidana korupsi saat menjabat sebagai Gubernur Aceh periode 2000-2004 lalu.

Bahkan, Abdullah Puteh yang naik melalui jalur perorangan berpasangan dengan Sayed Mustafa Usab, mengatakan dirinya sudah menjalani hukuman penjara sesuai dengan yang diputuskan oleh hakim yakni berakhir pada tahun 2014. Namun karena syarat-syarat mencalonkan diri menjadi kepala daerah bagi bekas narapidana yang diatur dalam Undang-undang Pemerintah Aceh harus melewati lima tahun setelah dipenjara.

"Karena sekarang masih tahun 2016, artinya saya masih belum mencapai syarat lima tahun sesudah dibebaskan. Tapi masa tahanan sudah selesai saya jalani," kata Abdullah Puteh pada saat menyerahkan syarat dukungan kepada KIP Aceh, Jumat (5/8).

Abdullah Puteh juga mengaku sudah menyerahkan seluruh dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke KIP Aceh dengan total mencapai 188.459. "Dukungan tersebut tersebar dari 23 kab/kota di Aceh," ujarnya.

Komentar

Loading...