Unduh Aplikasi

Abu Tumin: Masjid dengan Dayah Sama, seperti Nyawa dan Tubuh

Abu Tumin: Masjid dengan Dayah Sama, seperti Nyawa dan Tubuh
Abu Tumin didampingi Bupati Aceh Tamiang saat melakukan peresmian Dayah Madinatuddiniyah Miftahul Jannah di Kampung Alue Ie Puteh, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang. Foto: For AJNN

ACEH TAMIANG - Abu Muhammad Amin atau yang lebih dikenal dengan Abu Tumin Blang Blahdeh menyebutkan hubungan masjid dengan dayah sama seperti nyawa dan tubuh.

"Jadi masjid dan dayah tidak dapat kita pisahkan," kata Abu Tumin saat melakukan peresmian Dayah Madinatuddiniyah Miftahul Jannah di Kampung Alue Ie Puteh, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, Minggu (1/3).

Abu Tumin juga mengatakan, bahwa manusia hidup untuk mendapatkan dua khasanah yaitu, khasanah dunia dan khasanah akhirat.

Menurut Abu Tumin, kedua khasanah tersebut sangat perlu. Ilmu dunia perlu dipelajari untuk bekal kehidupan di dunia dan ilmu akhirat juga penting dipelajari untuk kehidupan diakhirat kelak.

Pada kesempatan tersebut, Abu Tumin juga menjelaskan bahwa dayah merupakan suatu lembaga yang merupakan tempat diajarkannya Syari'at terutama Syari'at Islam. Syari’at yang datangnya dari Allah. 

Menurut Abu Tumin, tidak ada arti rupa cantik tapi akhlah tidak baik. Karena kata dia, salah satu tujuan Allah SWT mengutus Rasulullah disamping membawa syari'at juga untuk memperbaiki budi pekerti akhlak manusia. Sedangkan Syari'at bertujuan untuk mengatur hubungan manusia dengan Allah dan mengatur hubungan manusia dan manusia lainnya.

Abu Tumin juga mengatakan, tidak ada arti masjid megah dan indah apabila masjid tidak ada orang yang mengisinya. 

Abu Tumin mengingatkan kepada orang tua yang memilimi anak agar mendidik anak ke dalam tiga perkara yakni anak bisa bermanfaat kepada Allah, kedua bermanfaat ditengah-tengah masyarakat dan yang ketiga bermanfaat bagi dirinya sendiri. 

"Jangan sampai kiamat iman sebelum kiamat dunia, dunia boleh kiamat tapi iman kita dan anak-anak kita tidak boleh kiamat,” sebut Abu Tumin. 

Abu Tumin juga berpesan agar Provinsi Aceh tetap bersatu jangan mudah terpecah belah, tetap jaga silaturahmi dan persaudaraan.

Komentar

Loading...