Unduh Aplikasi

Abu Doto Terima Kaligrafi Allah dan Muhammad dari Kayu Grupel

Abu Doto Terima Kaligrafi Allah dan Muhammad dari Kayu Grupel
Gubernur Aceh Zaini Abdullah di antara pahatan kaligrafi berbahan grupel. Foto: istimewa
BANDA ACEH - Gubernur Aceh Zaini Abdullah menerima souvenir kaligrafi bertuliskan Allah dan Muhammad dalam Bahasa Arab. Kaligrafi itu dipahat dari kayu grupel. Uniknya, pahatan ini dibuat oleh para penyandang disabilitas.

Dalam sejumlah literatur disebutkan bahwa kayu grupel merupakan jenis kayu yang hanya tumbuh di dataran tinggi Gayo, kayu unik dan memiliki nilai jual tinggi ini dan kini keberadaannya hampir punah. Kayu grupel merupakan satu jenis kayu dengan karakteristik yang khas dari kayu-kayu lain. Di Gayo, kayu ini dikenal dengan nama tomoh atau bongkol.

“Ini adalah sesuatu yang berharga. Tak hanya bahannya. Namun juga para pembuatnya dan upaya mereka untuk menciptakan hal-hal yang indah. Dan ini adalah karya yang indah. Terima kasih,” kata Abu Doto--sapaan Zaini--usai menerima kaligrafi ini, di Meuligo Gubernur Aceh, Jumat (29/4).

Para pembuatnya adalah Mulyadi, Jerry Rahmad, Rahmad Fitra, Riza Hasan, Mahyuddin dan Nasihin. Mereka adalah binaan Dinas Sosial Aceh dan mendapatkan pelatihan membuat kaligrafi. Untuk menyelesaikan pahatan kaligrafi seukuran kursi tamu itu, mereka hanya membutuhkan waktu satu bulan. Seluruh proses pengerjaannya dilakukan di Kecamatan Bukit, Bener Meriah.

Kepala Dinas Sosial Alhudri mengatakan pada prinsipnya, seluruh manusia diciptakan sempurna. Hanya upaya yang membedakan antara manusia yang cacat. “Dengan sedikit dorongan, mereka membuktikan bahwa setiap orang punya kesempatan untuk menunjukkan kemampuan diri. Inilah yang akan terus kita dorong,” kata Alhudri.

Alhudri berharap, keahlian ini dapat digunakan penyandang disabilitas untuk mandiri dan menciptakan lapangan kerja. Selama ini, kata Alhudri, bahan baku dari alam Aceh diekspor mentah-mentah, sehingga tak memberikan nilai tambah ekonomis bagi masyarakat. 
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...