Unduh Aplikasi

Abrasi Terjang Pesisir Pantai , Ratusan Rumah Warga Aceh Utara Terancam Ambruk

Abrasi Terjang Pesisir Pantai , Ratusan Rumah Warga Aceh Utara Terancam Ambruk
Foto: Ist

ACEH UTARA – Abrasi (hantaman gelombang air laut) menerjang areal pesisir pantai Bungkah dan Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara. Akibatnya sejumlah fasilitas pembibitan benur udang vannamei ambruk dan ratusan rumah warga terancam.

Keuchik Gampong Ulee Madon, Teungku Salahuddin AB saat dihubungi AJNN mengatakan, abrasi tersebut mulai terjadi  pasca Tsunami 2004 lalu, namun hantaman ombak kembali terjadi bahkan semakin parah sejak dua pekan terakhir.

“Kondisi makin parah sejak dua pekan terakhir, bahkan ada beberpa proyek pembibitan benur udang vannamei sudah ambruk dan rata dengan tanah pasca dihantam ombak tersebut,” kata Salahuddin kepada AJNN, Senin (19/10).

Menurut Salahuddin, abrasi sudah memakan pesisir pantai kurang lebih 200 meter ke darat. Bahkan sekitar 10 kepala keluarga yang tinggal di areal proyek pembibitan benur vannamei terpaksa mengungsi.

“Jadi ada tiga Gampong yang terancam, yakni Bungkah, Ulee Madon, dan Aron. Dan ini membuat masyarakat resah dan khawatir,” ujar Keuchik.

Kata keuchik, usaha pembibitan tersebut sudah merugi hingga ratusan juta. Nasip baik, udang vannamei sudah dipanenkan sebelum memasuki masa panen, karena khawatir akan dihantam ombak.

“Sekarang bangunan sudah hancur, dan masyarakat merugi. Jika seperti ini maka warga banyak yang akan kehilangan pekerjaan, karena dalam satu proyek itu mampu menampung hingga 7 para pekerja,” jelasnya.

Salahuddin menambahkan, air pasang kerap terjadi pada siang hari tepatnya sesudah dhuhur. Kondisi ini membuat warga semakin terpuruk, apalagi di tengah pandemic Coronavirus Disease (Covid-19).

“Kami berharap, penanganan cepat dari pemerintah daerah atau intansi terkait, karena warga menilai selama ini pemerintah agak lambat dan terkesan mengabaikan. Seharusnya dengan kondisi seperti ini harus segera ditangi, karena menyangkut kehidupan masyarakat,” tuturnya.

Foto : Ist 

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...