Unduh Aplikasi

Abrasi, Satu Unit Rumah Warga Ambruk ke Sungai Teunom

Abrasi, Satu Unit Rumah Warga Ambruk ke Sungai Teunom
Warga sedang melihat kondisi rumah yang ambruk ke sungai akibat abrasi. Foto: Ist

ACEH JAYA - Abrasi yang terjadi di aliran sungai Krueng Teunom mengakibatkan satu unit rumah milik Zainun warga desa Pasie Geulima, Kecamatan Teunom kabupaten setempat ambruk ke sungai, Kamis (7/5) sekitar pukul 14.00 WIB.

Keuchik Gampong Pasie Geulima, Musliadi mengatakan, abrasi yang terjadi di desanya itu akibat hujan lebat mengguyur Aceh Jaya sejak beberapa hari ini.

Beruntung tidak ada korban jiwa atas musibah itu karena pemiliknya sudah tidak menetap lagi di rumah tersebut sejak beberapa hari terakhir ini.

"Rumah itu milik Zainun, sebelumnya memang tinggal disana, namun beberapa hari ini sudah pindah karena takut longsor," ujar Musliadi.

Dirinya mengungkapkan, aliran sungai Teunom yang berada di desanya itu memang sudah rawan longsor, dan kini masih ada sekitar 6 rumah warga lagi yang terancam ambruk ke sungai jika tidak segera ditanggulangi.

"Saat ini masih ada 6 rumah yang jaraknya dengan sungai sekitar 15 meter lagi, jika kondisi ini terus dibiarkan maka kejadian serupa akan terulang lagi," ungkapnya.

Lanjutnya, kondisi tersebut diperparah akibat tanggul yang jebol sebelumnya juga belum diperbaiki hingga hari ini.

"Kami sering kebanjiran di sini, beberapa hari lalu malah rumah warga terendam banjir, itu akibat tanggul yang jebol belum diperbaiki," tambah Musliadi.

Oleh sebab itu, dia berharap pemerintah jangan hanya datang ketika musim banjir, namun memberikan solusi agar banjir tidak terjadi lagi, serta abrasi bisa teratasi. Pungkasnya.

Komentar

Loading...