Unduh Aplikasi

Abrasi, Puluhan Pondok Wisata di Pantai Jilbab Terseret Ombak

Abrasi, Puluhan Pondok Wisata di Pantai Jilbab Terseret Ombak
Ilustrasi.
ACEH BARAT DAYA - Sedikitnya 13 kafe pondok wisata di lokasi wisata Pantai Jilbab, Gampong Palak Karambi, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya, ambruk ke dasar laut. Kafe-kafe itu tak sanggup menahan abrasi yang sejak lama menggerogoti daratan di daerah itu.

“Abarsi juga menyeret meja dan kursi,” kata Mukhlis, salah satu pemilik kafe kepada wartawan, Jumat (26/8).

Menurut Mukhlis, ombak besar yang semakin parah sejak Rabu lalu mempercepat robohnya pondok-pondok yang terbuat dari kayu itu. Peristiwa serupa pernah terjadi lima tahun lalu. Namun dibandingkan saat itu, ujar Mukhlis, peristiwa kali ini tergolong lebih cepat.

Untuk mengantisipasi hal ini, kata Mukhlis, para pemilik pondok berusaha menahan ombak dengan membangun tanggul yang terbuat dari ban bekas dan karung berisi kerikil. Namun cuaca buruk, yang menyebabkan ombak tinggi, tak bisa ditahan lagi. Tanggul itu tak akhirnya ikut terseret ombak.

Para pedagang terlihat menyelamatkan barang-barang tersisa. Mereka tak berani berjualan karena khawatir dengan ketinggian ombak akibat pasang.

"Kami harus segera menangani hal ini, kalau tidak, dampak abrasi akan semakin parah,” kata Mukhlis. Dahulu, kata Mukhlis, di antara pantai dan pondok-pondok itu terdapat lapangan bola voli pantai. “Semakin lama, kalau tidak dipasang pemecah ombak, abrasi akan semakin parah.”

Komentar

Loading...