Unduh Aplikasi

Abrasi Meluas, Jalan Lintas Kecamatan Terancam Ambruk ke Sungai

Abrasi Meluas, Jalan Lintas Kecamatan Terancam Ambruk ke Sungai
Masyarakat melintas di jalan yang mengikis bantaran tebing sungai dikawasan Gampong Cot Bada, Kecamatan Langkahan Aceh Utara. Foto: Ist

ACEH UTARA - Abrasi yang terus mengikis bantaran tebing sungai di kawasan Gampong Cot Bada, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, kian meluas. Akibatnya tebing badan jalan di gampong tersebut dikhawatirkan terancam ambruk ke dalam sungai.

"Jalan aspal yang lokasinya berada di bibir sungai Gampong Cot Bada saat ini 20 meter, kondisinya sudah mulai terkikis akibat gerusan debit air. Ini butuh penanganan secepatnya," kata Keuchik Cot Bada, Hasanuddin, Kamis (31/10).

Menurut Hasanuddin, kondisi jalan lintas penghubung antar lintas kecamatan di desa mereka kondisinya saat ini sangatlah memprihatinkan. Dimana, kata dia, sewaktu-waktu jalan tersebut bisa rubuh ke dalam sungai karena terkikis air.

Untuk mencegah jatuhnya korban jiwa, kata Hasanuddin, saat ini jalan lintas antara Kecamatan Tanah Jambo Aye dengan Kecamatan Langhahan tersebut sudah dipasang garis Police line.

Tambahnya, dari kisaran panjang sekitar 1,3 meter badan jalan sudah rusak tergerus karena abrasi. Diperparah lagi dengan adanya kebocoran pipa air bersih milik PDAM Aceh Utara.

Ia mewakili masyarakat sangat berharap kepedulian dinas terkait untuk segera mengambil tindakan secepatnya terhadap kondisi jalan itu. Jika terus dibiarkan, maka jalan itu akan putus dan aktivitas masyarakat akan lumpuh total nantinya.

"Persoalan ini sudah kami sampaikan secara lisan kepada Camat Langkahan. Pernah juga kami mengusulkan permohonan ke tingkat Provinsi Aceh pada tahun 2017 lalu, namun belum ada tanda- tanda akan diperbaiki," ujar Hasanuddin.

Komentar

Loading...