Unduh Aplikasi

Abdya siapkan 98.250 ribu bibit sawit untuk petani

ACEH BARAT DAYA – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Kehutahan dan Perkebunan (Kadishutbun) setempat, akan menyalurkan bantuan bibit sawit sebanyak 98.250 ribu batang kepada para petani pekebun yang tersebar di wilayah setempat pada akhir November mandatang.

Terkait hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Kadishutbun) Abdya, Herman Suriadi, mengatakan, salah satu langkah serius dari pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan sektor perkebunan yakni dengan disalurkannya bantuan, bibit sawit dan pupuk.

“Kita mendapatkan dua paket yaitu paket dari Otsus dan paket dari Kementrian Pembangunan Daerah tertinggal (KPDT). Paket dari Osus dengan jumlah 75 ribu batang sawit dan dari KPDT berjumlah 23.250 ribu batang,”ujar Herman kepada AJNN yang dijumpai di ruang kerjanya Jumat (24/10).

Dari dua paket tersebut katanya, hanya satu paket dari KPDT yang mendapatkan bantuan bibit sawit sebanyak 23.250 ribu batang dan pupuk jumlah 3.700 Kg, sementara, paket dari Osus cuma dibantu bibit sawit saja.

Herman menjelaskan, dari jumlah 98.250 ribu batang sawit tersebut akan disalurkan kepada petani di lima Kecamatan yang ada di Abdya yaitu, kecamatan babahrot, Kuala Batee, Susoh, Tangan-Tangan dan Kecamatan Manggeng dengan total jumlah lahan 692 Ha, sedangkan dalam satu hektare akan mendapatkan 142 batang per Ha.

“Jumlah lahan masih banyak tapi bukan itu saja yang kita bantu, ini kita cuma bantu satu hamparan saja,” sebutnya.

Menurut Herman, pemerintah daerah sangat menyadari bahwa sektor perkebunan merupakan sektor kerakyatan dengan potensi yang sangat menjanjikan untuk mensejahterakan masyarakat. Dimana sektor perkebunan tersebut sebagai salah satu penggerak perekonomian masyarakat harus mendapat dukungan besar dari pemerintah daerah.

"Kami telah melakukan pendataan masyarakat yang memiliki lahan yang kemudian dibentuk kelompok tani pekebun. Selanjutnya baru kita berikan bantuan nanti berupa bibit agar dapat dikelola dengan baik sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan para petani itu,” paparnya.

Terkait penyaluran bantuan tersebut, Herman berharap petani dapat sejahtera dengan penghasilan sawit tersebut.

“Dengan adanya hasil sawit nanti kita harapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

RAHMAT

Komentar

Loading...