Unduh Aplikasi

Abaikan Peran Puskesmas, RSUZA Kebanjiran Pasien

Abaikan Peran Puskesmas, RSUZA Kebanjiran Pasien
Saifullah Abdulgani.
BANDA ACEH – Bekas Humas Jaminan Kesehatan Aceh, Saifullah Abdulgani, mengatakan selama ini problem sosial yang dialami oleh masyarakat Aceh, terkait keinginan berobat, adalah keinginan agar dirujuk ke Rumah Sakit Zainoel Abidin. Akibatnya, terjadi penumpukan pasien di rumah sakit provinsi itu.

Sejatinya, menurut Saifullah, puskesmas menjadi tempat pertama berobat bagi masyarakat. Jika tak mampu, petugas puskesmas mengeluarkan rujukan ke rumah sakit daerah kabupaten. Demikian seterusnya hingga ke rumah sakit di provinsi.

“Sekarang masyarakat kalau berobat langsung ke RSUZA. Ini penyebab utama penumpukan dan kurang maksimalnya pelayanan di rumah sakit provinsi,” jelas praktisi komunikasi itu.

BPJS menurutnya memiliki sejumlah kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam pelayanan kesehatan. Jika tidak, maka BPJS tidak bisa melanjutkan kerja sama dengan rumah sakit. Ketentuan tentang standar dan kualifikasi ini ditetapkan dalam undang-undang.

“Dalam undang-undang kesehatan mewajibkan pemerintah menyediakan pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi, karena itu dibuat kriteria yang ketat bagi setiap rumah sakit," ujar Saifullah.

Komentar

Loading...