Unduh Aplikasi

946 Siswa Lulus SNMPTN di UTU

946 Siswa Lulus SNMPTN di UTU
Rektor UTU Meulaboh, Jasman J Ma’aruf. Foto: Ist

ACEH BARAT - Sebanyak 946 siswa yang merupakan peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2020 lulus di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi melalui jalur SNMPTN tahun 2020.

Rektor UTU Meulaboh, Jasman J Ma’aruf, mengatakan dari 946 siswa yang lulus seleksi, 522 siswa atau 55,18 persen merupakan penerima Kartu Indonesia Pintar atau KIP kuliah.

Dari jumlah tersebut, UTU Meulaboh yang merupakan satu-satunya kampus paling banyak penerima KIP kuliah, kemudian Universitas Malikulsaleh (Unimal) dengan persentase 44,04 persen, dan Universitas Syiah Kuala 31,70 persen.

“Syukur dan gembiranya. Ini menunjukkan bahwa pemerintah pusat dan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menaruh perhatian besar kepada pengembangan pendidikan di UTU," kata Jasman J Ma’aruf, Kamis (9/4).

Dengan banyaknya penerima KIP Kuliah itu, Jasman mengucapkan termakasih kepada pemerintah pusat karena lewat program itu telah memberikan peluang bagi masyarakat kurang mampu untuk mengenyam pendidikan tinggi.

"Kami mengimbau kepada penerima KIP Kuliah dapat menggunakan bantuan biaya kuliah itu secara tepat guna dan tepat sasaran," ujarnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kemendikbud bahwa dimungkinkan adanya pengajuan KIP Kuliah dari mahasiswa baru maupun yang sedang menempuh studi (on going).

“Sepanjang persyaratan dapat dipenuhi dan lolos verifikasi di perguruan tinggi yang bersangkutan. Memang ada kriteria tertentu yang sudah diantisipasi bahwa dengan adanya penambahan rakyat miskin atau rentan miskin akibat dampak Covid-19 ini," sebutnya

Komentar

Loading...