Unduh Aplikasi

89 Gampong di Pijay akan Laksanakan Pilchiksung

89 Gampong di Pijay akan Laksanakan Pilchiksung
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Sebanyak 89 gampong di Kabupaten Pidie Jaya, akan melaksanakan pemilihan keuchik langsung (pilchiksung) pada tanggal 31 Maret 2021 mendatang.

"Pemilihan keuchik tahun ini sebanyak 89 gampong," kata Kabag Pemerintahan Sekdakab Pidie Jaya, T Safrizal kepada AJNN, Senin (1/3).

Namun, hingga batas pendaftaran calon keuchik ditutup Jumat (26/2 ) kemarin, ia belum mengetahui berapa jumlah calon keuchik yang akan bertarung dalam pilchiksung serentak tahun 2021 ini di Pidie Jaya.

Pihaknya belum menerima rekap atau berapa jumlah calon keuchik yang sudah mendaftar dari pihak atau panitia di kecamatan.

Sebelum pihaknya memverifikasi data calon keuchik, verifikasi awal lebih dulu dilakukan oleh pihak di kecamatan.

"Berapa jumlah calonnya kami belum tahu, sebab belum dikirim oleh kecamatan. Di kecamatan diverifikasi, setelah dikirim kesini, akan kami verifikasi ulang," jelasnya.

Dijelaskan, pada pilchiksung kali ini, pihaknya tidak akan mengunakan sistem atau aplikasi E-voting, sebagaimana yang pernah dipakai pada pilchuksung di beberapa gampong dalam Kabupaten Pidie Jaya tahun lalu.

Lanjut dia, pihaknya tidak sanggup melaksanakan sistem E-voting pada pilchiksung dengan jumlah puluhan gampong.

"Kami tidak sanggup melaksanakan E-voting, petugas dan alat tidak siap, karena terlalu banyak gampong. E-voting paling untuk pemilihan satu gampong, seperti di Pulo Lhok kemarin," ungkapnya.

Dihimpun AJNN, pembuatan aplikasi E-voting tersebut menelan anggaran hampir mencapai Rp 100 juta. Pemilihan E-voting di Pidie Jaya pertama kali diluncurkan tahun lalu saat pemilihan keuchik Keude Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua.

"Untuk anggaran pembuatan aplikasi E-voting saya tidak tahu, pak Muslem (Muslim Khadri mantan Kabag Pemerintahan) yang lebih tahu," pungkas mantan Camat Meurah Dua itu.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...