Unduh Aplikasi

8.843 Warga Aceh Timur Terancam Tak Bisa Gunakan Hak Pilih

8.843 Warga Aceh Timur Terancam Tak Bisa Gunakan Hak Pilih

ACEH TIMUR - Sebanyak 8.843 pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Aceh Timur terancam tidak dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada yang dijadwalkan pada 15 Februari 2017 mendatang lantaran belum memiliki e-KTP.

Berdasarkan ketentuan dan syarat, untuk dapat menggunakan hak pilihnya, warga harus mengantongi e-KTP atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sebagai bukti bahwa telah melakukan perekaman atau tercatat identitasnya sebagai penduduk di Kabupaten itu.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur Iskandar Agani menuturkan, dari 275.360 pemilih dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS), sebanyak 8.843 pemilih belum memiliki e-KTP, namun pihaknya menyarankan agar segera melakukan pengurusan untuk bisa menggunakan hak pilihnya.

"Batas akhir mengurus KTP Elektronik atau surat keterangan sebagai pengganti dari Disdukcapil bagi pemilih unlimited , tetapi jika pemilih tersebut tidak dapat menunjukan KTP Elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil kepada KIP Aceh Timur, maka pada 4 Desember 2016 ini pemilih-pemilih tersebut tak dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap," ujar Iskandar kepada AJNN, pada Rabu (16/11).

Lanjutnya, Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan ditetapkan KIP pada tanggal 6 Desember 2016, sehingga diharapkan bagi yang belum memiliki KTP Elektronik agar dapat segera mengurusnya kalau tidak mau namanya dicoret dari daftar pemilih.

Komentar

Loading...