Unduh Aplikasi

7 kekerasan yang ditemukan JPA dalam Pemilu

BANDA ACEH - Jaringan Pemilu Aceh (JPA) yang terdiri dari ACSTF, Aceh Institute, Forum LSM Aceh, LBH Banda Aceh, Mata dan Solidaritas Perempuan Aceh menemukan 7 kasus intimidasi dan tindak kekerasan dalam Pemilu Legislatif 2014 yang berlangsung 9 April 2014 lalu.

Berikut 7 temuan bentuk intimidasi dan tindak kekerasan dalam Pemilu  disampaikan JPA dalam konferensi pers yang digelar, Jumat (11/4) di Media Center KIP Aceh.

1. Dapil 4 Aceh Timur meliputi Kecamatan Peureulak Barat, Peureulak Timur, Sungai Raya dan Rantau Panjang. Dapil 5 Kecamatan Lokop, Peunaron, Simpang Jernih, Rantau Selamat dan Bayeun.

2. Gampong Meunaseh Balek, Kecamatan Meudu, Kabupaten Pidie Jaya.

3. TPS Gampong Nya Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar

4. Gampong Ranto Panjang Barat Kecamatan Meurebo Aceh Barat

5. Gampong Lhok Dalam Kecamatan Peureulak Kota Kabupaten Aceh Timur berupa banyaknya timses Caleg yang berkeliaran di sekitar TPS.

6. Gampong Lhok Dalam Kecamatan Peureulak Kota yaitu banyaknya Caleg yang hadir ke TPS untuk melakukan kampanye disekitar TPS.

7.Gampong Pulo Mangat Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara khususnya TPS 27 dengan bentuk intimidasi yang dilakukan berupa masuknya timses salah satu partai lokal di Aceh ke TPS dan menjaga bilik suara, memaksa masyarakat untuk memilih partai terntentu, kertas suara tersebut telah terlebih dahulu di coblos, kemudian diberikan kepada masyarakat untuk dimasukkan kedalam kotak suara.

JPA juga berharap agar berbagai temuan di lapangan tersebut dapat ditindaklanjuti oleh berbagai pihak yang berwenang baik kepolisian maupun penyelenggara Pemilu.

" Semua temuan ini akan dilaporkan kepada Panwaslu dan apakah dilanjutkan akau tidak dengan temuan ini belum bisa kita simpulkan," ujar Ilham Saputra dari ACSTF.

Selain itu JPA juga menilai fungsi pengamanan yang dilakukan oleh kepolisian belum berjalan maksimal dan efektif, hal tersebut terlihat seperti pada kejadian di Gampong Pulo Mangat Kecamatan Syamtalira Bayu Aceh Utara, di mana kelompok tertentu bisa masuk secara bebas dan mempengaruhi massa pemilih.

PUAN
Aceh UMKM Expo 2019
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh

Komentar

Loading...