Unduh Aplikasi

66 Peserta CPNS Aceh Timur Lulus, Ini Syarat Berikutnya Harus Dilengkapi

66 Peserta CPNS Aceh Timur Lulus, Ini Syarat Berikutnya Harus Dilengkapi
Peserta tes CPNS Pemkab Aceh Timur saat mengikuti seleksi Kompetisi Bidang (SKB) di Kampus IAIN Cot Kala Langsa. Foto: For AJNN

ACEH TIMUR - Pemerintah Kabupaten Aceh Timur mengumumkan hasil akhir seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam lingkungan Pemkab setempat untuk Formasi Tahun 2019, Jum'at (30/10).

Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Timur, T. Didi Farisha kepada AJNN mengatakan, hasil akhir seleksi CPNS ada 66 peserta yang lulus.

T. Didi menjelaskan, Pemkab Aceh Timur tahun 2019 membuka 89 Formasi, namun hasil akhir integrasi nilai SKD dan SKB, yang dinyatakan lulus sebanyak 66 orang.

"Dari 89 Formasi tersebut, pendaftarnya hampir mencapai 2.000 orang, yang lulus SKD sebanyak 447 orang, dan yang berhak ikut SKB sebanyak 155 orang, sementara yang akhir nya dinyatakan lulus sebanyak 66 orang," ujarnya.

Adapun 66 orang yang lulus tersebut terdiri dari, 20 orang tenaga guru, 32 orang tenaga kesehatan, 14 orang tenaga teknis/administrasi. Selanjutnya merekalah yang berhak untuk mengusul NIP menjadi CPNS.

Kata T. Didi, bagi yang telah dinyatakan lulus, selanjutnya mereka diwajibkan melakukan pemberkasan untuk pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Karena kondisi masih Covid-19, kata T. Didi, BKN telah mempermudah kepengurusan berkas bagi peserta dengan mengeluarkan kebijakan pemberkasan NIP CPNS yang bisa dilakukan secara digital pada halaman https://sscn.bk.go.id melalui akun masing-masing peserta.

"Dengan begitu, peserta tidak mesti datang ke kantor BKPSDM di Idi Rayeuk untuk mengurusnya. Pemberkasan sudah bisa dilakukan di rumah masing-masing dengan cara mengunggah secara mandiri berkas-berkas yang dipersyaratkan," sebut T. Didi.

Menurut T. Didi, ada delapan item berkas yang harus disiapkan, diantaranya : 

- Pas foto terbaru berpakaian formal dengan latar belakang berwarna merah.

- ijazah asli dan transkrip asli.

- daftar riwayat hidup yang sudah ditandatangani.

- surat pernyataan 5 poin.

- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku saat pemberkasan.

- surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS.

- Surat keterangan tidak menggunakan narkoba, psikotropika, serta zat-zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan Pemerintah.

- bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (apabila memiliki masa kerja).

"Selain diunggah pada akun SSCN, 8 berkas tersebut juga harus dikirimkan kepada kami melalui email : [email protected] dengan menambahkan 3 dokumen lain yaitu, surat permohonan, kartu ujian dan KTP," jelas T. Didi.

Ia mengingatkan, bahan yang di unggah adalah scan asli, tidak dibenarkan scan menggunakan handphone.

Kata T. Didi, seluruh dokumen dan berkas tersebut diatas harus di unggah paling lambat tanggal 15 November 2020 pukul 23.00 WIB, jika hingga batas waktu yang telah ditentukan peserta masih belum melengkapi dokumen tersebut, maka dianggap mundur.

"Proses pemberkasan NIP CPNS tidak dipungut biaya apapun. Jika ada pihak-pihak yang mengaku panitia dan mengiming-iming dapat meluluskan, itu tidak benar, abaikan saja," ungkap T. Didi.

Bagi yang tidak lulus, Panselnas memberikan kesempatan untuk menyanggah dari tanggal 1-3 November 2020, sanggah dapat disampaikan melalui akun sscn masing-masing peserta.

Komentar

Loading...