Unduh Aplikasi

62.945 Pelanggan PLN Meulaboh Memperoleh Gratis Pemakaian Listrik

62.945 Pelanggan PLN Meulaboh Memperoleh Gratis Pemakaian Listrik
Logo PLN. Foto: Solopos

ACEH BARAT - Perusahaan Listrik Negara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (PLN-UP3) Meulaboh, mencatat 62.945 dari 149.672 pelanggan rumah tangga pelanggan diwilayah kerja PLN tersebut, yang menerima paket stimulus berupa gratis pemakaian listrik selama tiga bulan kedepan dari Pemerintah Pusat.

Adapun 62.945 pelanggan yang menerima listrik gratis tersebut, tersebar di empat kabutapen yang menjadi wilayah kerja PLN-UP3 Meulaboh, yakni Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Simeulue dan Nagan Raya.

Manajer PLN UP3 Meulaboh, Ediwan mengatakan pelanggan yang digratiskan pemakaian listrik tersebut yakni masyarakat yang menggunakan daya 450 Volt Ampere (VA) (2 Ampere). Dikatakannya, dari data pengguna 450 VA ini pemakaiannya akan digratiskan selam tiga bulan kedepan, terhitung sejak April, Mei dan Juni 2020.

Lebih rinci, sebaran pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA terdiri dari, Kabupaten Aceh Barat sebanyak 20.099 pelanggan, Aceh Jaya 8.203 pelanggan, Nagan Raya 26.621 pelanggan dan Simeulue 8.003 pelanggan.

Selain program penggratisan pemakaian listrik selama tuga bulan untuk pelanggan 450 VA, pemerintah juga memberikan subsidi sebesar 50 persen untuk pelanggan dengan pemakaian daya sebesar 900 VA.

“Untuk mereka yang memperoleh diskon pelanggan subsidi dengan daya 900 VA itu berjumlah 25.045 pelanggan dengan rincian Aceh Barat 7.709 pelanggan, Aceh Jaya 5.257 pelanggan, Nagan Raya 5.534 pelanggan, dan Simeulue 6.545 pelanggan,” kata Ediwan.

Dikatakannya, untuk pelanggan rumah tangga dengan pemakaian 900 VA, secara keseluruhan mencapai 73.610 pelanggan dimana untuk pelanggan yang tidak mendapatkan diskon 50 persen sebanyak 48.565 pelanggan. Lebih lanjut, Ediwan juga menjelaskan, bahwa diskon pemakaian lima puluh persen tersebut berlaku baik kepada pelanggan listrik Pasca Bayar maupun Prabayar.

“Bagi pelanggan listrik prabayar nantinya saat mereka membeli token akan dicatat jumlah pemakaian tertinggi selama tiga bulantrakhir mulai dariDesember, Januari hingga februari itu akan dievaluasi pemakaian tertinggi itu dibulan apa nanti tentu dia akan mendapatkan diskon token setengahnya yang haru dibayar,” kata dia.

Ediwan mengatakan, dalam pemakaian token tersebut telah dibatasi jumlah jam pemakaian selama ini dengan jumlah 720 jam pemakaian bagi pelanggan 900 VA. Pembatasan tersebut, kata dia, sudah berlaku sebelum pemberlakukan stimulus oleh pemerintah.

Dengan pembatasan itu, kata dia, pelanggan tidak dapat membeli token diatas jumlah jam pemakaian sehingga pelanggan tidak bisa membeli token melebih jumlah yang ditentukan.

Dikatakannya bagi pelanggan yang hendak melakukan pengecekan apakah penerima listrik gratis atau diskon token lima puluh persen dapat melakukannya melalui website PLN, dengan situs http://www.pln.co.id atau melalui nomor whatsapp 0812-2123-123.

“Jika saat dilakukan pengecekan error ada satu aplikasi lagi yang bisa digunakan untuk pelanggan yaitu telegram. Saya sudah coba, kalau yang telegram ini lebih cepat begitu kita masuk ke situsnya https://t.me/pln_123boe. Nah ini lebih cepat. Jadi nanti kalau tokennya ada itu langsung keluar beberapa perintah,” pungkasnya.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...