Unduh Aplikasi

58 Napi Terlibat Kerusuhan Lapas Lambaro Dipindah ke Tanjung Gusta

58 Napi Terlibat Kerusuhan Lapas Lambaro Dipindah ke Tanjung Gusta
Aparat kepolisian ketika memindahkan napi dari Lapas Lambaro ke Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Sebanyak 58 orang narapidana (napi) yang menghuni di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A, Banda Aceh di kawasan Lambaro, Aceh Besar dipindahkan ke Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara.

Pemindahan napi tersebut berlangsung pada Kamis malam, (25/1) sekira pukul 23.00 WIB, dikawal ketat oleh pihak Kepolisian dari Polresta Banda Aceh dan Brimob Polda Aceh dengan mengunakan tiga mobil tahanan milik Polresta Banda Aceh dan satu unit mobil tahanan Polres Pidie. Pemindahan napi tersebut dilakukan secara diam-diam.

Baca: BREAKING NEWS: Mengamuk, Napi Bakar Lapas Lambaro

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Aceh, Edi Hardoyo membenarkan adanya pemindahan narapidana Lapas Klas II A Banda Aceh ke Tanjung Gusta.

"Memang pemindahan napi itu kami lakukan secara diam-diam untuk keamanan, bahkan pihak keluarga napi tersebut tidak mengetahui upaya pemindahan itu," kata Edi kepada AJNN, di ruang kerjanya, Jumat (26/1).

Mobil yang membawa napi dari Lapas Lambaro ke Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Foto: Dok AJNN

Ia menyebutkan 58 yang dipindahkan itu merupakan napi yang ikut serta mendukung Gunawan Cs dalam melakukan aksi pengrusakan dan pembakaran di Lapas pada 4 Januari 2018. Mereka merupakan napi yang terlibat narkoba dengan masa tahanan yang berbeda-beda.

"Mereka yang dipindahkan ini pengikutnya Gunawan untuk melakukan aksi kerusuhan di Lapas, jadi mereka kami pindahkan," ujarnya.

Baca: Komisi III DPR RI Minta Evaluasi Lapas Banda Aceh

Selain 58 narapidana tersebut, 16 narapidana lainnya masih ditahan pihak Kepolisian termasuk tiga pelaku utama, mereka adalah Gunawan, Bahtiar dan Muhammad.

"16 napi masih ditahan di Polresta Banda Aceh mereka masih menjalani pemeriksaan pihak kepolisian," kata Edi Hardoyo.

Komentar

Loading...