Unduh Aplikasi

51 Tenaga Kerja Asing Akhirnya Dikeluarkan dari Aceh

51 Tenaga Kerja Asing Akhirnya Dikeluarkan dari Aceh
TKA meninggalkan Aceh melalui Bandara SIM Blang Bintang. Foto: Ist.

BANDA ACEH - Sebanyak 51 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja pada PT Shandong Licun Power Plant Technology pada PT Lafarge Holcim Indonesia (LHI) telah meninggalkan wilayah Aceh melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar sekira pukul 16.00 WIB.

"Hari ini 49 TKA telah meninggalkan Banda Aceh menggunakan pesawat komersil Lion Air menuju Jakarta, sementara dua orang lainnya sudah duluan berangkat kemarin," kata Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan Disnaker Aceh, Putut Rananggono di Bandara SIM, Sabtu (19/1).

Ia menyebutkan, 51 TKA warga negara Cina tersebut dikeluarkan ke wilayah Aceh dikarenakan tidak memiliki dokumen yang sesuai seperti tercantum pada dokumen Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), salah satu diantaranya TKA ilegal.

Baca: 51 Tenaga Kerja Asing China Dikeluarkan dari Aceh

"Di dalam dokumen RPTKA mereka pekerja untuk kontruksi, namun di lapangan mereka sebagai pekerja produksi dan jasa, jadi tidak sesuai dengan administrasi yang mereka miliki," ujarnya

Putut juga menambahkan PT Shandong Licun Power Plant Technology telah lama bekerja di Aceh sejak 2009 lalu pada PT Lafarge Holcim Indonesia.

"Perusahaan itu sudah bekerja di Aceh dan setelah kami sidak kemarin, ternyata ada TKA yang tidak sesuai dengan dokumen, jadi mereka kami paksa untuk keluar Aceh," ungkapnya.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...