Unduh Aplikasi

51 Nelayan Dipulangkan, Alhudri: Kita Berupaya Semaksimal Mungkin

51 Nelayan Dipulangkan, Alhudri: Kita Berupaya Semaksimal Mungkin
Kadis Sosial Aceh, Alhudri. Foto AJNN/Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Sebanyak 51 nelayan yang dipulangkan dari Thailand sudah dalam perjalanan pulang ke rumah masing-masing setelah disambut dan dilepaskan Pemerintah Aceh di Anjong Mon Mata, Selasa (6/10). 

Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri mengatakan, Pemerintah Aceh tidak membiarkan masyarakat terkatung-katung di negeri orang. Karena itu, jika ada para nelayan yang sudah menjalani hukuman di luar negeri, segera dipulangkan ke Aceh. 

"Kami akan terus berusaha semaksimal mungkin, membangun komunikasi dengan Kemenlu dan KBRI agar masyarakat kita bisa pulang dan berkumpul bersama keluarga," kata Alhudri. 

Selain memulangkan, kata Alhudri, Dinas Sosial bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh juga akan terus memberikan sosialisasi kepada para nelayan Aceh terkait teritorial laut Indonesia, sehingga hal yang sama tidak terulang kembali.

Baca: 51 Nelayan dari Thailand Tiba di Aceh

"Pemerintah Aceh terus berupaya semaksimal mungkin. Kami memberikan pemahaman kepada saudara kami, sehingga tidak terulang hal yang seperti ini," ujarnya. 

"Karena bukan apa, secara pribadi mereka rugi berpisah dengan keluarga, bayangkan ini kalau tidak dapat amnesty, berapa tahun disana," sambung Alhudri. 

Dalam kesempatan ini, Alhudri juga menyebutkan, dalam waktu dua hari kedepan, akan ada tiga lagi nelayan Aceh yang dipulangkan. Mereka sudah selesai menjalani proses di Nikobar India. 

"Ada tiga lagi dari Nikobar India, mereka sedang dalam proses untuk pemulangan ke Aceh," tutur Alhudri. 

Komentar

Loading...