Unduh Aplikasi

51 Napi Lapas Lambaro Dapat SK Asimilasi Mandiri

51 Napi Lapas Lambaro Dapat SK Asimilasi Mandiri
Warga Binaan Pemasyarakatan kelas II A Banda Aceh dapat asimilasi mandiri. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Sebanyak 51 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Banda Aceh di kawasan Lambaro, Aceh Besar mendapatkan SK asimilasi mandiri dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid 19.

Kalapas Banda Aceh, Jumadi menyebutkan napi atau warga binaan pemasyarakatan yang mendapatkan SK tersebut bisa dipulangkan untuk menjalani pembinaan sendiri di rumah masing-masing.

"Mereka (napi) menjalani pembinaam sendiri di rumah sambil menunggu SK Pembebasan Bersyarat," kata Jumadi, Kamis (2/4).

Selama menjalani asimilasi mandiri, kata Jumadi, warga binaan tersebut akan diawasi atau dipantau oleh pihak Badan Pemasyarakatan (Bapas) dan pihak Kejaksaan setempat.

"Selama menjalani asimilasi mandiri mereka tetap diawasi oleh pihak Bapas sampai dikeluarkan SK Pembebasan Bersyarat," jelasnya.

Baca: Cegah Corona, 1.362 Napi di Aceh Dibebaskan

Jumadi juga menyebutkan pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integritas dilakukan untuk mengurangi jumlah warga binaan yang berada di Lapas Lambaro.

"Semua napi yang dibebaskan kebanyakan dengan kasus kriminal umum dengan masa tahanan dibawah lima tahun yang telah menjalani dua pertiga masa pidana. Sedangkan untuk napi terlibat korupsi, terorisme dan pelanggaran HAM berat tidak mendapatkan asimilasi mandiri," ujarnya.

Kepada warga binaan yang telah mendapatkan asimilasi mandiri, lanjut Jumadi untuk tetap berada di rumah guna mencegah penyebaran covid 19.

"Saya berharap untuk tetap dirumah berkumpul dengan keluarga dan tidak keluar rumah untuk antisipasi penyebaran covid 19," ungkapnya.

Komentar

Loading...